Surabaya – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V, Koarmada II, Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP. menghadiri pembekalan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M kepda siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan XLVIII TA. 2019 di gedung Moelyadi, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal), Senin (5/8).

Pembekalan KASAL kepada calon perwira reguler (dari bintara ke perwira) ini dihadiri pula Ketum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Waketum Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito, Aspam Kasal beserta ibu, Asops Kasal beserta Ibu, Aspers Kasal beserta Ibu, Aspotmar Kasal beserta Ibu, Pangkoarmada II, Dankodiklatal beserta Ibu, Gubernur AAL beserta Ibu, Waaslog Kasal, Wadan Kodiklatal, Para Dir Kodiklatal, Kadispenal, Kadisminpersal, Kadiskumal, Kadisdikal, Danpuspomal, Danlantamal V beserta Ibu, Pengurus Inti Pusat Jalasenastri, Bakor Jalasenastri wilayah Jakarta, Surabaya dan Sorong, Ibu Setama Bakamla, Danpuspenerbal beserta Ibu dan Para undangan lainnya.

Seorang perwira, lanjutnya, harus berani mengambil inisiatif, tampilkan dalam hal yang positif inisiatif dalam kedinasan. “Selama ini para calon perwira telah dibekali bahan untuk menjawab pertanyaan manakala nanti bertugas jauh dari mana-mana. Buku pelajaran dan pengalaman itulah untuk menjawab tantangan tantangan yang dihadapi, ini semua tentunya butuh keberanian dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME,” jelasnya.

“Kita akan mengalami suatu konflik dan suatu dinamika didalam suatu pekerjaan. Oleh sebab itulah tanggung jawab jabatan sangatlah dibutuhkan. Untuk itu sebagai seorang Perwira, memiliki tanggung jawab moral terhadap orang tua dan keluarga, serta anak buah serta rekan kerja,” jelas Kasal.

“Performance seorang Perwira merupakan contoh keteladanan bagi anak buah dan keluarganya. Ini sangat mudah ditulis dan diucapkan. Namun keteladanan ini adalah sikap perilaku ucapan yang sama dengan apa yang disampaikan. Keteladanan baik kepada keluarga pada masyarakat lingkungannya apalagi baik dulu teman-teman anda yang belum Perwira, karena itulah anda sebagai contoh seorang Perwira yang patut dicontoh,” tuturnya.

Kasal juga berpesan kepada perwira remaja bahwa menjadi Perwira itu mempuyai tugas yang berat, kedepannya semakin banyak masalah ancaman bangsa dan negara, contohnya masalah perbatasan laut dan darat dengan negera-negra tetangga yang belum selesai, oleh karena itu ikuti setiap perkembangan ilmu dan teknologi yang semankin berkembang pesat.

Siswa Diktukpa Angkatan XLVIII TA. 2019 dan akan dilantik sebanyak 348 orang, 333 orang diantaranya adalah pria dan 15 orang lainnya prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) 15 orang.(dispenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia