Surabaya – Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama Edwin, S.H,.M. Han. beserta Ketua Korcab V DJA ll menghadiri upacara peringatan puncak HUT ke-56 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang digelat di Dermaga Madura, Koarmada ll, Ujung, Surabaya, Senin (7/1).

Peringatan HUT Kowal kali ini mengusung tema “Memantapkan jatidiri sebagai Prajurit TNI AL dan memberikan pengabdian terbaik”.

Letkol Laut (S/W) Wulan (Danseba Pusdikbanmin) didua alat sebagai Danup pada upacara yang di pimpin Inspektue Upacara Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si.

Tampak hadir Ketua Daerah Jalasenastei Armada II, Kaskoarmada II, Danguspurlakoarmada II beserta Ibu, Kasgartap III/Sby beserta Ibu, Danpasmar-2 beserta Ibu, Wagub AAL beserta Ibu, Ir Koarmada II beserta Ibu, Para Asisten Pangkoarmada II beserta Ibu, Wadan Kodiklatal beserta Ibu dan undangan lainnya.

Pasukan Upacara terdiri dari 1 Pok Satsik Lantamal V, 1 Kompi Pamen Kowal gabungan Wiltim, 1 Kompi Pama Kowal gabungan Wiltim dan 4 Kompi Bintara Kowal gabungan Wiltim.

Pangarmada ll dalam amanatnya menyatakan rasa banggakan terhadap Korps Wanita Angkatam Laut yang telah mampu memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

Peringatan HUT Kowal juga menjadi momentum evaluasi dan intropeksi diri dalam upaya meningkatkan kinerja Korps Wanita Angkatan Laut ke depan.

Selaras dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2000, maka kesempatan bagi Wanita Indonesia untuk menjadi anggota TNI semakin terbuka lebar.

Saat ini lanjut Pangkoarmada, perwira Kowal juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan militer sampai jenjang Sesko TNI dan pendidikan sampai dengan strata tertinggi S3, dalam bidang penugasan saat ini prajurit Kowal tidak terbatas pada tugas-tugas administrasi atau perkantoran dan kesehatan tetapi sudah mulai berkiprah di bidang yang lebih luas.

“Kowal dapat membuktikan kemampuan diri dan peran pentingnya dalam mendukung terlaksananya tugas pokok TNI Angkatan Laut baik nasional maupun internasional seperti misi perdamaian dunia di bawah bendera PBB dan penugasan di satuan operasi seperti KRI jenis PKR dan LPD,” terangnya.

Menurut orang nomor satu di jajaran Koarmada ll ini, Kehadiran Korps Wanita Angkatan Laut telah mewarnai jalannya roda organisasi dan kiprah TNI Angkatan Laut dalam meniti pengabdian kepada bangsa dan negara.

Seorang prajurit Kowal harus dapat menjalankan peran multifungsi baik sebagai seorang prajurit, sebagai seorang istri, sebagai seorang anak dari pada orang tuanya maupun sebagai seorang ibu dari anak-anaknya dan sebagai seorang prajurit matra laut.

Kowal dituntut untuk menunjukkan professionalisme dan kapasitasnya yang sering kali melampui kodratnya sebagai seorang wanita kegigihan dan ketabahan para prajurit Kowal dalam menghadapi tantangan kehidupan ini terletak pada semangat dan kekuatan jiwa mereka.

Semangat itu, sangat sesuai dengan tema HUT Korps Wanita Angkatan Laut tahun ini yaitu, memantapkan jati diri sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dan memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara.(disoenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia