oleh

KOMANDAN LANTAMAL XII PONTIANAK HADIRI PERESMIAN 6 PASAR OLEH PRESIDEN RI

PB|Pontianak – Dalam rangka kunjungan kerja dan perayaan Natal Nasional di Kalimantan Barat Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Ir. H. Joko Widodo yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden Joko Widodo  meresmikan renovasi 6 Pasar secara simbolis yang terpusat di Pasar Tengah jalan Tanjung Pura Kota Pontianak Kalimantan Barat (29/12/17).

Kegiatan peresmian diawali laporan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Enggartiasto Lukita kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Ir. H. Joko Widodo. Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Bapak Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Pasar Tengah Tanjungpura sekira pukul 07.00 WIB. Setibanya di lokasi, Bapak Ir. H. Joko Widodo berjalan kaki dari pinggir jalan menuju pintu masuk pasar didampingi Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, M.H., dalam peresmian pasar secara simbolis terdapat (Enam) 6 pasar yang diresmikan diantaranya  Pasar Rakyat Tengah Pontianak, Pasar Rakyat Jungkat, Pasar Rakyat Tebas Sambas, Pasar Singkawang, Pasar Rakyat Pangkalan Emas Mempawah dan Pasar Rakyat  Kapuas Raya Sintang. Penyerahan Kunci secara simbolis di serahkan di Pasar Tengah dari Presiden RI kepada perwakilan pedagang, dilanjutkan dengan pembagian bingkisan dan foto bersama dengan masyarakat. 

Dalam sambutnya Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Ir. H. Joko Widodo menyampaikan bahwa Pasar rakyat ini adalah denyut nadi perdagangan, sayang sekali sampai sekarang masih banyak yang belum di bangun walaupun siang tetapi pasarnya masih gelap. Tiga tahun yang lalu pasar ini sangatlah kumuh dan tidak teratur. Dengan di bangunnya pasar diharapkan pedagang agar menjaga kebersihan pasar dan dapat bersaing dengan swalayan-swalayan yang ada dan harus berpakaian rapi, murah senyum, juga ramah terhadap pembeli. Dengan begitu, akan banyak pembeli yang datang, dan juga diharapkan menjaga keamanan di lingkungan pasar. Ujar Presiden Republik Indonesia.

Dengan fasilitas ini diharapkan dapat mendorong peran dan komitmen pemda dalam melaksanakan pemberdayaan usaha mikro kecil sektor perdagangan di wilayah Kalimantan Barat. Ada tiga hal yang ditekankan berupa distribusi, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, ketiga hal ini punya peran sangat penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Semoga pasar ini semakin berdaya dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Kalimantan Barat, dalam mewujudkan perekonomian pembangunan daerah, menjadi pilar perekonomian nasional, yang berdaya saing global, serta dapat memacu pertumbuhan perekonomian.

Hadir dalam peresmian Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, M.H., didampingi Ibu, Wakil Gubernur Kalbar Bapak beserta Ibu, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andhika Perkasa beserta Ibu, Danlantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi beserta Ibu, Danlanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo beserta ibu sejumlah pejabat lainnya.(Dispenlantamal XII|red)

Bagikan

Baca Juga