oleh

KORAMIL 13 MAJENANG : POS KAMLING UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN DAN KENYAMANAN WARGA

   PB|Cilacap – Batituud Koramil 13/Majenang, jajaran Kodim 0703/Cilacap Pelda Kusna beserta Forkompimcam Majenang hadiri peresmian Pos Kamling di Desa Sindangsari Rt. 007 Rw. 005, Kecamatan Majenang, Jumat (17/03) malam. Peresmian Pos Kamling sebagai upaya pentingnya menjaga keamanan bersama sebagai upaya kenyamanan dan metode swakarsa “Bagaimana masyarakat bisa mengamankan dirinya sendiri dulu dan Koramil, Polsek dan Linmas siap memberikan bantuan pengamanan, serta semuanya dilibatkan” ujar Pelda Kusna, saat memberikan sambutan di peresmian tersebut.

Dia berharap, peresmian tersebut tidak hanya sekedar sermunial, tetapi pos kamling difungsikan sebagaimana mestinya. “Ya tidak hanya seremunial, tapi oprasionalnya berjalan terus, kedepan nanti semua kelurahan di Kecamatan Majenang harus ada poskamlimnya semua,” tandas Pelda Kusna. Lebih lanjut Ia mengatakan, keberadaan Poskamling dapat mengantisipasi ganguan warga pada malam hari. Misalnya tidak kejahatan pencurian kendaraan bermotor, perampokan, dan pencurian dengan kekerasan serta bahaya narkoba.

Oleh sebab itu, ia mengharapkan agar masyarakat bisa secara bersama meningkatkan keamanan lingkungan. “Ya, Poskamling itu dibuat kan pada intinya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan,” ucapnya. Menurutnya, hal terpenting Babinsa bersama masyarakat dapat terus berkerjasama dalam upaya meningkatkan keamanan lingkungan. “Kita komitmen mengaktifkan Poskamling ditiap-tiap wilayah,” ujarnya. Ia juga meminta warga meningkatkan keseriusan dalam memfungsikan poskamling agar terus dijalankan, sebagai fungsi utama pengaman daerah. “Untuk poskamling di lingkungan ini merupakan bentuk bantuan masyarakat dalam membantu kelurahan dan Kepolisian, dari berbagai aksi kriminalitas yang mengancam warga,” pungkasnya.

“Diresmikannya pos kamling ini agar apa yang sudah di contohkan pada saat penilaian lomba pos kamling dapat memberikan gambaran kepada warga masyarakat tentang kesadaran masayarakat dalam berpartisifasi di bidang keamanan dan ketertiban, ini merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu di lestarikan dan di tingkatkan, guna menumbuhkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing”.
Selesai acara peresmian dilanjutkan dengan pemberian santunan secara sepontanitas dari unsur Forkompimcam Majenang kepada warga setempat yang kurang mampu. (Srd. Sutaryo|red)

Baca Juga