oleh

Kostrad Turut Aktif Jaga Keindahan Taman Satwa Taru Jurug

PB|Karanganyar – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau yang sering dikenal dengan kebun binatang Jurug merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di sisi timur Kota Surakarta, berada di tepian sungai Bengawan Solo dan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar.

Selama ini TSTJ hanya mempunyai 10 pekerja tenaga kebersihan, sementara luas lahan kebun binatang mencapai 14 hektar lebih. Hal itu tidak sebanding, sehingga kebersihan di taman satwa ini kurang maksimal. Dihadapkan dengan kondisi tersebut, Pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan Karya Bhakti pembersihan Taman Satwa Taru Jurug, Minggu (5/3).Karya Bhakti tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke-272 Kota Surakarta. Acara yang mengambil tema “ Resik Kuthane Waras Wargane ” ini melibatkan seluruh Kelurahan se-Kecamatan Jebres, anggota Kodim Kota Surakarta, Koramil Jebres, Yonif Mekanis 413 Kostrad dan anggota Kepolisian Polres Surakarta serta para relawan.

Kegiatan yang diikuti oleh 1000 orang ini juga dihadiri oleh Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Diawali dengan apel dan penyerahan dua ekor Merak oleh Walikota kepada kepala seksi konservasi sumber daya alam dan dilanjutkan dengan kegiatan pembersihan seluruh kawasan Taman Satwa Taru Jurug.Diterjunkannya anggota Yonif Mekanis 413 Kostrad ini merupakan salah satu bentuk pembinaan territorial terbatas Satuan guna mendekatkan TNI kepada masyarakat, sehingga terjalin kemanunggalan TNI dan rakyat.

Lettu Inf Ivan Reizavi Adhiputra selaku Kakorum Yonif Mekanis 413 Kostrad menyampaikan, “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kesadaran kepada para pengunjung untuk selalu merawat lingkungan. Sehingga Taman Satwa Taru Jurug menjadi taman hiburan yang selalu bersih dan asri, serta akan membuat nyaman pengunjung yang datang”, ujarnya.(penkostrad|ab|red)

Baca Juga