250816 ketua korcab v buka acara pap smear-4 PB | Surabaya – Sedikitnya 70 orang anggota Koprs Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) menjalani tes Pap Smear dan pemeriksaan Kanker Payudaraatau CDE (Clinical Btreats Examination)yang digelar di Rumah Sakit Dr. Oepomo, Lantamal V, Surabaya, Jumat (26/8).
Pap Smear dan CDE untuk anggota Kowal dan PSN Wanita Lantamal V ini merupakan gelombang ke-2 setelah kamarin (25/8) gelombang ke-1 (Jalasenastri). Pelaksanaan Pap Smear dan CDE yang digelar Jalasenastri Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT) ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lantamal V dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Jalasenastri tahun 2016 ini.26082016 Kowal Lantamal V Ikuti Pap Smear-1a“Kemarin 168 istri prajurit yang jalani tes, hari ini merupakan giliran Kowal dan PNS Wanita Lantamal V,” terang Ketua Korcab V DJAT Ny. Ine Rudy Andi Hamzah saat meninjau pelaksanaan gelombang kedua di Rumkit Dr. Oepomo, Lantamal V.
Menurut Ketua Korcab V DJAT, pelaksanaan Pap Smear dan CBE merupakan salah satu program kerja Jalasenastri Korcab V DJAT yang dipimpinnya, sekaligus hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian Jalasenastri terhadap kesehatan dan kesejahteraan Prajurit TNI AL dan keluarganya.
“ Pemeriksaan Pap Smear dan CBE adalah salah satu upaya kita untuk mengetahui sejak dini adanya kelainan-kelainan dalam tubuh kita, seperti kanker serviks dan payudara. Yang juga diketahui menjadi penyakit penyebab kematian nomor tiga di Indonesia,” terang istri Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.p ini.
Pelaksanaan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyambut HUT ke-70 Jalasenastri tahun 2016 yang mengusung tema “dengan Semanagat kekeluargaan Jalasenastri bertekad ikut serta mewujudjkan kesejahteraan dan kebersamaan untuk keluarga prajurit TNI angkatan laut” dimana Korcab V bekerja sama dengan Diskes Lantamal V dan Rumkit Dr. Oepomo. 26082016 Kowal Lantamal V Ikuti Pap Smear-1bDalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, para peserta yang terdiri dari anggota Jalasenastri, Kowal dan PNS Wanita serta istri PNS mendapat kesempatan menjalani pemeriksaan pap smear gratis, dan juga pemeriksaan payudara atau CBE. Untuk mengetahui hasil Pap Smear, dibutuhkan waktu kurang lebih seminggu.
Pada pelaksanaan kali ini ada satu pemandangan menarik saat pelaksanaan pap smear gratis yang digelar Jalasenastri Korcab V DJAT, dalam rangka HUT Jalasenastri Ke-70 pagi tadi. Serda (TTU/W) Rere, salah seorang anggota Kowal Lantamal V yang ikut menjadi peserta pap smear, terhitung lebih dari sekali Sertu Rere berjalan bolak balik dengan raut wajah gelisah saat menunggu giliran.
Ternyata ini merupakan pengalaman pertama bagi San Rere-begitu ia akrab disapa, utk melaksanakan pap smear sejak menikah 1,5 tahun yang lalu. Namun keinginan untuk hidup sehat dan terhindar dari ancaman kanker serviks, kegelisahan tersebut akhirnya sirna usai ia menjalani pap smear.
“Ternyata tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, mudah dan cepat. Dan yang penting saya telah melaksanakan upaya dini mencegah kanker serviks.Karena setahu saya bagi wanita yang telah menikah dan melahirkan wajib untuk menjalani pap smear, sebab risiko terkena kanker serviks umumnya dialami bagi wanita yang telah menikah,”pungkasnya.(dispenal5/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia