dsc_2543 PB | Denpasar – Pangkalan  TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V menggelar tes Kesegaran Jasmani periode ke – II bagi seluruh prajurit dan PNS guna menguji kesiapan dan kebugaran personil TNI AL yang berdinas di Lanal Denpasar, Selasa (27/09).

Tes kesegaran jasmanai ini merupakan salah satu tolak ukur sejauhmana pembinaan yang dilakukan satuan terhadap personil dijajarannya. Pembinaan kesegaran jasmani ini juga merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan dinas kepada seluruh personel TNI.

Baiknya pembinaan salah satuanya dapat dilihat dari tingkat kesiapan personil di satuan  tersebut dalam pelaksanaan tugas, terlaksananya tugas dengan baik itu ditunjang dengan kebugaran dari personil pengawaknya.

Sebelum dilaksanakan tes, seluruh anggota Lanal Denpasar melaksanakan tensi darah oleh petugas kesehatan dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan samapta nantinya. Dari hasil pengecekan tensi darah dinyatakan bahwa anggota Lanal Denpasar seluruhnya sehat dan bisa mengikuti kegiatan samapta tersebut.dsc_2567Menurut Perwira Administrasi (Pasmin) Lanal Denpasar Mayor Laut (T) Made Suwandiyana, disela pelaksanaan tes mengatakan bahwa tes kesegaran jasmani merupakan suatu bentuk evaluasi pembinaan bagi prajurit, sejauh mana hasil pembinaan fisik yang selama ini dilaksanakan dan untuk menjaga kebugaran setiap harinya.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui serta mengukur sejauh mana kondisi serta kebugaran fisik anggota Lanal Denpasar. Hasil dari Tes Samapta ini nantinya akan disampaikan ke Komando Atas sebagai bahan laporan serta evaluasi mengenai kebugaran dan kesiapan fisik serta kesehatan anggota Lanal Denpasar dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada seluruh anggota Lanal Denpasar.

Dalam kegiatan tes Garjas ini diharapkan setiap prajurit melaksanakan kesegaran jasmani ini dengan Sungguh-sungguh dan sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan faktor keamanan sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan akibat pelaksanaan Tes kesegaran jasmani, karena Tes Kesegaran Jasmani bagi setiap prajurit merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dan merupakan sebagai syarat yang harus dipenuhi baik dalam latihan program, penilaian UKP, Periodik maupun seleksi berbagai pendidikan di lingkungan TNI AL.

Pada kegiatan ini prajurit melaksanakan Tes kesegaran A yaitu lari 12 menit dengan target harus bisa menempuh jarak 3.200 meter dengan waktu yang telah ditentukan sesuai dengan kategori umur dan melaksanakan Tes kesegaran B baik pull up, sit up, push up maupun satle run dan renang. (Pen Lanal Denpasar/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia