oleh

Lanal Yogyakarta Gelar Upacara Peringati HUT Ke- 71 TNI AL 2016

  150916-lanal-yoga-laksanakan-upacara-hari-tni-al-tahun-2016-5PB | Yogyakarta – Seluruh prajurit dan PNS Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta, Lantamal V memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 TNI AL tahun 2016 dengan menggelar upacara peringatan di lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lanal Yogyakarta, Selasa lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Laut (S) Kartoli, S.E. bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT ke- 71 TNI AL, yang juga diikuti oleh Taruna-Taruni Akademi Maritim Yogyakarta (AMY), SMK Sanden Bantul, SMK Putra Samudera Gamping Sleman serta Pramuka Saka Bahari.150916-lanal-yoga-laksanakan-upacara-hari-tni-al-tahun-2016-3Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam amanatnya yang dibacakan Irup mengatakan bahwa Sejarah mencatat TNI AL senantiasa berkontribusi pada upaya mewujudkan tujuan nasional khususnya di bidang pertahanan. Untuk menunjukan komitmennya maka tema peringatan hari ulang tahun TNI AL kali ini adalah Melalui Aktualisasi nilai-nilai Trisila, kita tingkatkan pencapaian tugas-tugas TNI AL dalam mendukung pembangunan nasional.

“Tema ini bukan hanya sebuah pernyataan semata tetapi harus dipahami dan dilaksanakan substansinya oleh seluruh personel dijajaran TNI AL,” terang Kasal

Menurutnya, saat ini TNI AL telah melaksanakan Validasi Organisasi yang telah disetujui yakni Pembentukan Spotmar, Kobangdikal menjadi Kodiklatal dan Dishidros menjadi Pushidrosal sedangkan dalam jangka panjang direncanakan pembentukan Komando Armada RI dengan tiga Armada Bernomor sejalan dengan itu Korps Marinir juga akan ditambah dengan membentuk Pasmar – 3.150916-lanal-yoga-laksanakan-upacara-hari-tni-al-tahun-2016-2Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran TNBI AL ini juga memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya menyerukan personelnya untuk meningkatkan kualitas diri sebagai prajurit Matra Laut yang bermoral, profesional dan berdedikasi tinggi, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar Trisila TNI AL.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan, Ia memerintahkan untuk memelihara Alutsista yang dipercayakan negara kepada TNI AL dengan baik untuk mendukung keberhasilan tugas dengan tetap mengutamakan zero accident dan menerapkan risk management.

Kemudian menekankan untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional dan kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman agar dapat mengambil tindakan yang proporsional. Pelihara solidaritas dan soliditas positif antar sesama TNI AL dan komponen TNI/Polri, serta mantapkan integritas dengan rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu Ia juga menyerukan untuk meniingkatkan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta dengan prioritas pemberdayaan industri maritim, serta sumber daya wilayah perbatasan dan pulau terluar guna mendukung kemampuan pertahanan negara di laut.(dispenal-5/red)

Baca Juga