Kulonprogo – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Lantamal V meresmikan hasil Karya Bhakti TNI Semester II Tahun 2018 di halaman Mushola Miftahul Jannah, Dusun Nglawang Desa Jangkaran Kec. Temon Kab. Kulonprogo, Senin (7/1).

Selaku pelaksana Karya Bhakti TNI kali ini, Lanal Yogyakarta memerintahkan Satuan Kerja (Satker) Potensi Maritim bersama Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Karangwuni dan Pos Pengamat TNI Angkatan Laut (Posmat) Congot Kab. Kulonprogo.

Karya Bhakti difokuskan pada perawatan dengan mengecat bangunan mushola, renovasi dan pembuatan pagar mushola Miftahul Jannah bersinergi dengan unsur aparat teritorial pemerintah daerah serta didukung komponen masyarakat wilayah Kab. Kulon Progo lainnya.

Hadir dalam acara peresmian Karya Bhakti TNI Lanal Yogyakarta tersebut antara lain Perwira staf Lanal Yogyakarta, perwakilan unsur Satrad 215 Congot, Koramil dan Polsek Temon, Polair Glagah, Posal Karangwuni, TRC BPBD Kulonprogo, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E. M.Pd., dalam amanatnya yang dibacakan Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H. M.Mar Stud., mengatakan bahwa kegiatan Karya Bakti TNI ini merupakan wujud Dharma Bhakti TNI khususnya TNI Angkatan Laut oleh Lanal Yogyakarta guna membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga merupakan salah satu bentuk kecintaan dan kepedulian TNI kepada masyarakat.

“Lanal Yogyakarta senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat guna mewujudkan kemakmuran bersama, dimana secara umum kita semua ingin hidup secara nyaman, sehat dan saling bergotong-royong, hal ini dapat dilaksanakan salah satunya dengan merawat fasilitas umum di antaranya fasilitas ibadah,” tegas Danlanal.

Semantara itu Camat Temon Djaka Prasetya, S.H, atas nama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo khususnya pemerintah Kecamatan Temon mengucapkan selamat datang kepada segenap pimpinan jajaran Lanal Yogyakarta dan terima kasih atas pelaksanaan Karya Bhakti TNI didaerahnya.

Pelaksanaan perawatan, renovasi dan pembangunan fasilitas tempat ibadah khususnya di mushola Miftahul Jannah, hal ini jelas sangat membantu masyarakat dan memang banyak diharapkan oleh masyarakat serta dalam upaya nyata membantu program pemerintah daerah guna mensejahterakan masyarakat.

Sebelumnya pada Minggu ke IV bulan Oktober 2018, Lanal Yogyakarta juga telah menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI berupa pelatihan pembuatan garam kepada warga desa pesisir Kab. Gunungkidul yang dipusatkan di aula Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Sadeng dan pada tanggal 11 Nopember 2018 Lanal Yogyakarta juga menggelar Karya Bhakti TNI Matra Laut Tahun 2018 dengan kegiatan penanaman 3.000 bibit pohon mangrove secara serentak di kawasan konservasi dan ekowisata mangrove di pantai Baros, Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Semua program kerja dan kegiatan tersebut sebagai upaya nyata dan berkesinambungan dalam Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) guna terwujudnya Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) wilayah kerja Lanal Yogyakarta serta upaya untuk memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat.(dispenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia