PB|Purbalingga – Tak hanya mengandalkan lengan dan pundak untuk melangsir Box Culvert atau gorong-gorong untuk jalan lingkar alternatif Dusun Karanglo Desa Karangjambu.

Dua warga Dusun Karanglo Rt. 02 Rw. 01 Desa Karangjambu, Marno dan Sapto, melakukan improvisasi dengan cara menggelindingkan gorong-gorong sambil didorong. Ini mereka lakukan untuk lebih menghemat tenaga dan mempercepat pelangsiran.

Dikatakan Marno, “Untuk langsir gorong kami dorong Pak, karena jalan di tanggul Kali Laban sudah halus dengan timbunan sirtu kerukan dari kali. Kami juga menggunakan jalur bekas Beghu yang lewat, karena pada bagian itu sudah padat sehingga memudahkan ndorong. Lagian ini berat makanya kami dorong” tuturnya. 

Tak ada peralatan yang memadai untuk melangsir gorong-gorong dalam membangun jalan lingkar alternatif desa, Satgas TMMD Kodim 0702/Purbalingga dan warga andalkan tenaga manual melalui berbagai improvisasi. Ada yang dipanggul 2 orang dengan memasukkan gorong-gorong kedalam bambu dan ada yang berimprovisasi dengan cara didorong. Semua demi satu tujuan, pembangunan saluran irigasi baru di jalan baru bantaran Kali Laban, Dusun Karanglo Rt. 02 Rw. 01 Desa/Kecamatan Karangjambu.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia