Belawan – Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal I Kol. Laut (P) Berkat Widjanarko, S.E. beserta Para Asisten Danlantamal I menyambut kedatangan KRI Usman Harun-359 di Belawan. Melalui Aspotmar, Danlantamal I Laksamana TNI Ali Triswanto, S.E. M.Si. mengucapkan selamat kepada jajaran KRI Usman Harun-359 dan para prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL atas keberhasilan melaksanakan misi perdamaian dunia di Lebanon dengan baik.

KRI Usman Harun-359 telah bertugas selama setahun dalam menjalankan misi perdamaian di Lebanon, yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J/UNIFIL atau Maritime Task Force (MTF) Sejak 23 September 2017. KRI USH-359 tersebut bertolak dari Lebanon tanggal 1 Oktober 2018 dengan singgah terlebih dahulu di Port Said (Mesir), JIP (Saudi Arabia), Salalah (Oman), Colombo (Sri Lanka) dan hari ini memasuki perairan Indonesia melewati Belawan.

KRI Usman Harun – 359 merupakan Kapal Perang Multi Role Light Frigate (MRLF) dari Satuan Eskorta Koarmada II dimana memiliki bobot 1.940 Ton dengan Panjang 89,9 M (295 ft) LWL, 95 M (312ft) LOA, Lebar 12,8 M (42ft) dimana terdapat 1 meriam Oto Melara 76 mm, 2 meriam MSI Defence DS 30B REMSIG 30 mm, dan peluncur tripel torpedo BAE System 324 mm untuk perang atas air dan bawah air. Selain itu, dilengkapi pula dengan 16 tabung peluncur peluru kendali permukaan-ke- udara VLS MBDA MICA (BAE System), 2 set 4 tabung peluncur peluru kendali MBDA (Aerospatiale) MM-40 Block II Exocet. Dua sistem arsenal inilah yang cukup mengganggu pertahanan musuh, baik dari udara ataupun permukaan laut.

Komandan KRI Usman Harun-359, Kolonel Laut (P) Ahlan Dahlan, S.H., M.Si mengatakan bahwa KRI Usman Harun-359 akan melaksanakan bekal ulang di Lantamal I dan sandar selama 3 hari, selama waktu itu akan diadakan kegiatan kegiatan yang bisa memacu kembali moril prajurit yang telah melaksanakan tugas selama setahun penuh. Rencana ABK KRI USH-359 akan melaksanakan rekreasi berupa Olah Raga Bersama dengan Lantamal I. Selain itu, KRI Usman Harun – 359 akan melaksanakan Open Ships, dimana masyarakat yang berada di sekitar Belawan dan Medan dipersilahkan untuk datang dan melihat secara langsung Kapal Perang Kebanggan Bangsa Indonesia. KRI Usman Harun akan berada di Belawan sampai dengan Hari Mingggu (28/10) dan selanjutnya akan kembali melakukan perjalanan menuju Jakarta, Minggu sore waktu setempat.

Turut hadir dalam penyambutan tersebut, Pejabat Utama Lantamal I, Seluruh Perwira dan Prajurit di jajaran Lantamal I. (dispenal|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia