Ambon – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon melakukan pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Acara pembacaan dan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas digelar di Gedung Arika Waku Kompleks Lantamal IX. Selasa, (14/05/2019).

            Menurut Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang dalam sambutannya mengatakan bahwa pernyataan zona integritas dan penandatanganan piagam pencanangan zona integritas yang dilaksanakan adalah sebagai bagian dari kesungguhan Lantamal IX dalam mengukuhkan diri sebagai bagian dari TNI Angkatan Laut yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya KKN disertai upaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi serta reformasi birokrasi yang akuntabel.

            Lebih lanjut dikatakan, hal ini merupakan target yang telah ditetapkan dalam bentuk institusi TNI Angkatan Laut yang modern penerapan zona bebas ini adalah salah satu format yang penting untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa TNI Angkatan Laut, dengan pencanangan zona integritas ini diharapkan terdapat perbaikan nyata di masa yang akan datang sebagai sebuah landasan yang kokoh. Dengan integritas yang kokoh diharapkan tugas pokok Lantamal IX sesuai harapan dapat terealisasi.

            Danlantamal IX menambahkan hendaknya seluruh anggota Lantamal IX menjadi terpacu untuk terus meningkatkan kinerja serta kompetensinya sehingga

terbebas dari praktek perbuatan tercela yang mencederai amanah rakyat.

            “Berbagai kegiatan dalam rangka memenuhi indikator utama program pencegahan korupsi yang seiring dengan program percepatan reformasi birokrasi, Lantamal IX terus berupaya mengimplementasikannya seperti dengan dilakukannya penandatanganan piagam pencanangan zona integritas dan akuntabilitas kinerja”, imbuhnya.

            Melalui penandatanganan Pakta integritas ini, sambungnya, diharapkan apa yang dilaksanakan hari ini hendaknya menjadi penyemangat untuk melaksanakan semua ketentuan dan aturan yang tentunya didukung dengan pengawasan yang konsisten dan objektif.

            Pencanangan Zona Integritas di Lantamal IX dihadiri oleh Komandan Guspurla Armada III, Kabakamla Zona Maritim Timur, Wakil Komandan Lantamal IX, Para Asisten Danlantamal IX, Staf Ahli Ideologi Pangdam XVI/PTM, Dirpolairud Polda Maluku, para Komandan Satuan dan Kasatker Lantamal IX, Komandan Yonmarhanlan IX, Kadis Ops Lanud Pattimura, Wakil Kajati Maluku, Kepala Odmil Kota Ambon dan Kapala Kanwil Hukum dan HAM Maluku. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Bea Cukai Kota Ambon, Kepala KSOP Ambon, Kepala OJK perwakilan Maluku, Kepala Stasiun LPP RRI Ambon serta undangan lainnya. (DISPEN LANTAMAL IX|red|noven).

Bagikan