JAKARTA – Prestasi membanggakan diukir oleh Letda Inf Adwin Syahputra Wira Hutama, taruna Akmil yang mengikuti pendidikan _National Defence Academy_ (NDA) dengan predikat lulusan terbaik siswa asing di Kanagawa, Jepang.

Hal tersebut disampaikan Kadispenad Brigjen TNI Candra Wijaya usai acara Tradisi Penerimaan Perwira Remaja oleh Kepala Staf TNI Angkatan !Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad, Jakarta, Kamis (01/8/2019).

Diungkapkan Kadispenad, Letda Inf Adwin merupakan salah satu taruna Akmil yang lulus seleksi mengikuti pendidikan NDA di Jepang dan hari ini mengikuti tradisi penerimaan Perwira Baru TNI AD di Mabesad bersama 440 Perwira lulusan Akmil dan Pa PK tahun 2019.

“Yang bersangkutan menempuh hampir 5 tahun di NDA. Seleksinya ketika ia dinyatakan lulus menjadi taruna Akmil pada tahun 2013, namun pelantikannya menjadi perwira bersama rekannya yaitu lulusan Akmil tahun 2017,” kata Candra.

“Pendidikan taruna NDA dimulai pada tahun 2014 sampai 2019. Dikarenakan dilantik bersama dengan rekannya pada tahun 2017 lalu, maka masa kariernya dapat dikatakan tidak tertinggal,” imbuhnya.

Pada tahun ini, lanjut Candra, Letda Inf Adwin juga berhasil menjadi lulusan NDA dari peserta asing yang menerima penghargaan akumulasi kepribadian dan latihan militer.

“Ini meneruskan jejak prestasi seniornya yaitu Letda Arh Novian. Lulusan NDA tahun 2018 yang mendapat predikat serupa,” tegas Candra

Pendidikan taruna Akmil di NDA Jepang, kata Candra, merupakan program dari Kementerian Pertahanan yang diberikan kepada Taruna Tingkat I Akmil.

“Mereka mendapat beasiswa dari Kemhan,” terangnya.

“Letda Edwin, meski kecabangannya infanteri, saat mengikuti pendidikan di NDA mengambil jurusan Kimia Terapan, dimana dalam tugas akhirnya membuat skripsi dengan judul Perkembangan Sel Menggunakan Media Ames Test, yang dapat bermanfaat dalam rekayasa genetika,’ tambahnya.

Sementara itu, Letda Inf Adwin saat ditemui pada acara Tradisi Penerimaan Perwira menceritakan pengalamannya dari mulai proses seleksi sampai dengan dinyatakan lulus jadi perwira.

‘’Awal seleksi dilakukan saat Chandradimuka, Kopral Taruna. Saat itu dari ketiga Angkatan, baik Darat, Laut, maupun Udara dipilih sepuluh taruna yang terbaik untuk mengikuti seleksi NDA di Jepang,’’ ujar Adwin.

‘’Melalui proses penyeleksian administrasi, kesehatan, jasmani psikologi, sampai dengan tes bahasa TOEFL, maka terpilihlah satu orang perwakilan dari tiap-tiap Angkatan,’’ terangnya.

Ia menuturkan, saat terpilih mewakili Angkatan Darat, ada kekhawatiran dirinya dihadapkan bahasa, karena yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Jepang. Namun, berkat kerja keras dan kemauan semuanya bukanlah penghalang bagi dirinya.

‘’Selama lima tahun, selain tahun pertama mempelajari bahasa Jepang, di tahun berikutnya mempelajari dua materi yaitu materi militer dan materi kuliah umum,’’ jelasnya.

‘’Selain mempelajari taktik dan teknik kemiliteran, materi kuliah umum dipelajari tentang kimia terapan seperti kimia dasar, membuat komponen solid maupun nonsolid, membuat campuran kimia untuk keperluan militer baik bidang kesehatan, perang sampai aplikasi di lapangan,” tambahnya.

Karena negara Jepang merupakan negara bencana, lanjut Adwin, para peserta diberikan juga pengetahuan tentang prosedur perbantuan kemanusiaan dalam bencana seperti pembersihan reaktor nuklir, pembersihan jalan, dan pertolongan korban terdampak bencana.

‘’Setelah melewati masa yang panjang, akhirnya wisuda kelulusan NDA dilaksanakan pada 17 Maret 2019 lalu di Kanagawa, Jepang. Dari 25 siswa mancanegara yang ikut, alhamdulillah saya mendapat predikat sebagai peserta asing penerima penghargaan akumulasi kepribadian dan latihan militer,’’ tandasnya.

Terpisah. Saat dihubungi melalui telepon di hari yang sama, Ayahanda Adwin, Letkol Inf Wuryanto (Kabagops Binopslat Pussenif) mengutarakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih anaknya.

‘’Sebagai orang tua saya sangat mendukung dan bangga, kita berharap ilmu yang diperolehnya selama di Jepang dapat dikembangkan di Indonesia, baik sistem pendidikannya maupun berbagai materi yang didapat, sehingga ke depannya dapat bermanfaat bagi TNI AD,’’ pungkasnya. (Dispenad|red).

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia