Batang – Kepala Staf Kodim 0736 Batang, Mayor Infanteri Raji, bersama salah satu anggota Satgas TMMD Reguler 103 Batang, memberikan apresiasi kepada Suroto (68) salah satu warga Rt/Rw. 1 Dusun/Desa Durenombo Kecamatan Subah, dengan upaya biodiversity pekarangan rumahnya.

Raji dengan bahasa yang ringan menyampaikan kepada Suroto bahwa, Indonesia merupakan negara terbesar ke-2 di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati (biodiversity). Masih banyak sumber pangan di Indonesia yang belum dimanfaatkan, oleh sebab itu perlu penganekaragaman konsumsi pangan, yang salah satunya dengan pemanfaatan lahan pekarangan guna mencukupi gizi keluarga. “Jadi mbah putri tidak perlu repot ke pasar lagi buat beli sayur jika Mbah sudah menanam sayur-sayuran ini, tinggal lauknya saja.” ungkapnya menyemangati Suroso.

Tujuannya jelas antara lain meningkatkan ketahanan dan kemandirian pangan maupun gizi, ramah lingkungan mengurangi karbondioksida, pemanfaatan barang bekas, mendukung diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, konservasi sumber daya pangan genetik lokal serta meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat. Pemanfaatan pekarangan dapat dilakukan dengan ditanami jenis tanaman pangan dan hortikultura seperti : umbi-umbian, kacang-kacangan, sayuran, buah dan bumbu. Juga tanaman yang bernilai ekonomi tinggi seperti buah maupun tanaman hias (bunga potong, tanaman pot dan tanaman taman).

Berbagai pemanfaatan lahan tersebut dapat menghasilkan beberapa aspek gizi, antara lain sumber vitamin, protein, mineral dan karbohidrat. Sayuran hijau, cabe, tomat, semangka, pepaya, pisang, rambutan, jambu biji dan jambu air, salak dan lain-lain adalah sumber vitamin dan mineral. Untuk sumber karbohidrat dihasilkan dari jagung, ubi jalar dan ubi kayu, talas, sukun, kentang, suweg dan lain-lain.

Sedangkan untuk sumber protein dan mineral dihasilkan dari pemanfaatan lahan pekarangan untuk peternakan dan perikanan, baik hias, produksi dan juga daging. Kesemuanya itu dapat diambil dari ternak seperti : ikan, ayam, puyuh, kambing, kelinci dan daging dari ternak kecil lainnya.(kodim batang|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia