PB|Sukoharjo – Tanaman melon maupun semangka merupakan jenis tanaman yang banyak ditanam oleh petani di wilayah Sukoharjo, terlebih ketika musim kemarau seperti saat ini. Begitu pula yang dilakukan Yonif Mekanis 413 Kostrad yang mengembangkan lahan kosong di area Satuannya untuk ditanami berbagai jenis tanaman buah seperti melon dan semangka.Pemanfaatan lahan kosong sebagai ladang tanaman buah ini, dikoordinatori oleh Lettu Inf Rum Patria Misa, S.S.T.(Han). Dia mengatakan bahwa bibit yang telah ditanam sejak bulan Juli tersebut akan panen sekitar tiga minggu lagi. “Melon yang dikembangkan adalah jenis Rock Melon, kelebihannya selain lebih manis, daging buahnya berwarna oranye. Diperkirakan tiga minggu lagi kita akan memanen buah tersebut, hasilnya nanti akan dinikmati oleh anggota beserta keluarganya”, ujarnya.

Sementara itu, Komandan Yonif Mekanis 413 Kostrad, Letkol Inf Arif Munawar, S.E. sangat mengapresiasi usaha prajuritnya yang telah berhasil membudidayakan tanaman holtikultura jenis melon dan semangka itu. Menurutnya, budidaya melon dan semangka sangat potensial dikembangkan di asrama, terutama saat musim kemarau saat ini.“Pada musim kemarau seperti ini, merupakan langkah yang tepat untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam buah melon maupun semangka, karena jenis tanaman tersebut merupakan tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air”, ungkap Arif.

Lebih lanjut Arif juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat diikuti dan dikembangkan oleh masyarakat maupun Satuan lain. “Tidak hanya melon dan semangka saja, namun cabe, tomat, terong dan sayuran lain juga bisa, tergantung musimnya”, tegasnya.

Jika hal itu dilaksanakan, maka akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para prajurit itu sendiri. “Dengan begitu, para prajurit juga ikut serta dalam menyukseskan program ketahanan pangan nasional”, tambah Arif.(Pendiv2|nendra|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia