241116-sertijan-danlanal-semarang-dan-dansatkamla-2 PB | Semarang – Dua jabatan strategis di Lantamal V Surabaya diserah terimakan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (DanLanal) Semarang dan Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Lantamal V yang dilaksanakan dalam upacara militer dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S. E., di Lapangan Yos Sudarso, Mako Lantamal V Kamis (24/11).

Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas sebelumnya menjabat sebagai Ajudan Presiden RI, kini resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Lantamal V menggantikan Kolonel Laut (P) Elka Setyawan yang mendapatkan pos baru sebagai Sahli “C” Pangarmatim. Sedangkan Letkol Laut (P) Maman Nurachman menjabat sebagai Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Lantamal V menggantikan Letkol Laut (P) Stenly Lakahena yang mendapat pos baru sebagai Komandan KRI Banjarmasin-592.241116-sertijan-danlanal-semarang-dan-dansatkamla-3

Djodi adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan XXXIX tahun 1993. Pamen melati tiga dipundak ini merupakan pria kelahiran Sabang, 9 Mei 1971. Sejak dilantik sebagai Perwira TNI AL dengan pangkat Letnan Dua pada tahun 1993, telah banyak penugasan dijalaninya.

Antara lain: Dikpasis,   Ass Padiv Senbah KRI Pulau Rupat-712, Adc Pangarmatim, Ka Div Navkom KRI Pulau Rupat-712, Ka Dep Ops KRI Tsp, Kadepnav KRI Mon, Palaksa KRI Hasan Basri, Dan KRI Pulau Rimau-724, Dan KRI Pulau Rupat-712, Dan Satroltas Lantamal V Surabaya, Pa Bungkol Kasal, Dan KRI Hiu-804, Pabanlat Sops Koarmatim, Dan KRI Arun-903, Dan KRI Slamet Riyadi-352, Dan Satran Koarmatim, Ajudan Presiden RI, dan sekarang dipercaya menjabat sebagai Danlanal Semarang.Berbagai pendidikan maupun kursus telah ia tempuh,antara lain : AAL-39 (1993), Dikpasis Angkatan-6 (1994), Diklapa-I/Kom Angk-12 (1997/1998), Sus bahasa Prancisangkatan 20 1999, Diklapa-II/Koum (2003), Susdanlanal (2005) Seskoal Angk-45 (2007).241116-sertijan-danlanal-semarang-dan-dansatkamla-4

Danlantamal V dalam amanatnya mengatakan bahwa Serah Terima Jabatan Komandan Lanal Semarang merupakan proses kaderisasi kepemimpinan, sehingga diharapkan dapat membawa energi baru dengan munculnya kreativitas dan inovasi cemerlang untuk meningkatkan kinerja organisasi kedepan yag lebih baik.

Pergantian pejabat di lingkungan TNI AL, merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas. Melalui serah terima jabatan ini, diharapkan terjadi kesinambungan serta peningkatan kinerja positif satuan-satuan jajaran TNI AL khususnya Lanal Semarang. Sehingga diharapkan tugas pokok akan terlaksana secara lebih optimal serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan.241116-sertijan-danlanal-semarang-dan-dansatkamla-6

Begitu halnya dengan Satkamla Lantamal V yang merupakan pembantu dan pelaksana utama Komandan Lantamal V bertanggungjawab atas pelaksanaan tugas patroli keamanan laut terbatas dalam rangka penegakan hukum dilaut, membina kekuatan dan kemampuan unsur-unsur Patkamla, personel serta sarana prasarana yang menjadi tanggungjawabnya serta merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan program kerja Satkamla Lantamal V.

Berkaitan dengan perkembangan situasi diwilayah kerja Lantamal V menunjukkan adanya peningkatan kepadatan lalu lintas dan hubungan interaksi manusia di Surabaya dan sekitarnya. Hal ini karena adanya peningkatan dan perluasan beberapa pelabuhan laut yang mendukung perkembangan perekonomian di Jawa Timur khususnya Surabaya sebagai sentra ekonomi kawasan Timur Indonesia.

Sementara itu, upacara yang melibatkan pasukan dari satu peleton Korsik Lantamal V, satu peleton perwira pertama, satu peleton Pomal, satu peleton Bintara, satu peleton Tamtama, satu peleton Marinir, satu peleton PNS.(dispenal 5|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia