PB|PURBALINGGA – Pawai Kartini-kartini muda juga ikut memeriahkan peringatan Hari Kartini tahun 2018 di Desa/Kecamatan Karangjambu. Tidak hanya para kartini, para pemuda juga sengkuyung meramaikan kesetaraan kaum wanita dengan pria tersebut.

tahun ini tentunya berbeda daripada sebelumnya, karena nuansanya adalah TMMD sedang membangun di desa tersebut sehingga lebih meriah lagi dengan banyaknya TNI Satgas yang ikut memeriahkan.

Tak mau kalah dari Grup Kesenian Tek-tek Satrio Laras Kecamatan Karangreja, dengan alunan musiknya yang terbuat dari bambu, kentongan maupun tabuh-tabuhan dari tong bekas, Anak-anak TPQ Al-Murobbiyyah Dusun I Desa Karangjambu melaksanakan pawai atau iring-iringan keliling desa dengan menggunakan pakaian ala kartini dari berbagai profesi. Ada yang memakai pakaian Polwan, Kowad, Pak Haji maupun Bu Haji, dokter, Persir, Bhayangkari dan lain-lain, termasuk para anak-anak mudanya ada yang memakai pakaian Tentara, Polisi, dokter, pengusaha dan lain-lain.   

Iring-iringan tersebut juga diiringi Marchingband dengan 2 orang mayoret yang menari dan memandu di depan. Ini tentunya memberikan warna tersendiri dari perayaan katini kali ini, para Satgas TMMD maupun warga yang sedang bekerja meluangkan waktu sejenak untuk menikmati hiburan yang disuguhkan untuk menghormati anak-anak tersebut.

Pawai ini juga sebagai ungkapan Anak-anak Desa Karangjambu kepada TNI Satgas TMMD, karena telah membangun desa dengan memberikan jalan baru sepanjang 1.975 meter dengan lebar yang tak main-main juga, 7 sanpai 9 meter.

Serta ungkapan behwa kaum wanita atau kartini Karangjambu juga ikut berkarya membangun bangsa setara dengan kaum pria, serta tentunya membangun Karangjambu bersama TNI Satgas TMMD.

Para Provost Kodim 0702 Purbalingga yang tergabung dalam Satgas TMMD maupun Babinsa desa tetangga, melibatkan diri bersama Babinkamtibmas, Banser, Linmas maupun Satpol PP Kecamatan Karangjambu untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu-lintas.

Wakil Bupati Purbalingga, yang juga seorang kartini, Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon mengatakan “Kami kaum perempuan di Purbalingga, adalah kartini bangsa yang ikut ambil bagian dalam pembangunan, baik bangsa maupun desa. TMMD yang sedang berlangsung di wilayah Purbalingga, di Desa Karangjambu merupakan kesempatan berharga untuk menunjukkan hal itu, sekaligus memotivasi warga desa, termasuk anak-anak untuk lebih giat belajar dan mengejar cita-cita” jelasnya.

Terpisah, Dandim 0702 Purbalingga, Letkol Inf. Andi Bagus D.A, S.I.P menuturkan, “Semoga perayaan Hari Kartini tahun ini, menjadikan para kartini di desa Karangjambu menjadi lebih semangat lagi dalam keterlibatannya membangun desa, membantu Satgas bekerja dan membantu warga lainnya. Sehingga TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga, tepat sasaran, tepat waktu pelaksanaan dan tepat manfaatnya bagi warganya maupun warga sekitarnya” tandas Dandim Andi Bagus.(Pendim 0702|red)

Bagikan