PB|PURBALINGGA – Puji (49) warga Desa Sirandu Rt. 05 Rw. 04 Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Dirinya mengungkapkan terimakasih kepada TNI dan KKN UNSOED Purwokerto, karena telah memberikan wawasan yang baru terkait penyakit HIV/AIDS di desanya.

Sebelumnya Puji mengaku, bahwa kurang memahami terlalu dalam terkait cara penyebaran atau penularan penyakit yang dalam stigma orang adalah penyakit kutukan Tuhan dan belum ada obatnya. Dirinya hanya sebatas tahu bahwa penyakit tersebut karena berhubungan sexs saja. Puji juga baru tahu bahwa obat ART adalah obat yang diminum para penderita HIV/AIDS dan hanya sebatas untuk mempertahankan kelangsungan hidup orang yang positif terkena.

Dikatakannya “Saya sangat berterimakasih dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi ini Pak, saya akan mengikuti keduanya. Namun sosialisasi tentang AIDS barusan, membuka mata saya lebar-lebar untuk lebih menjaga dan memperhatikan anak-anak saya. Bukan untuk membatasi mereka, namun mengarahkan mereka dan membekali dengan ilmu agama agar tidak terkena penyakit kutukan itu. Apalagi anak saya ada yang dibangku kuliah diluar kota” ucapnya kepada Peltu Muhammad Kaposramil Karangjambu.

Dalam penyuluhan ini dibahas mulai dari virus HIV, cara penularan, gejala, pengobatan dan cara pencegahannya. Materi tersebut diberikan dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh peserta  yang mayoritas pendidikannya bawah.

Jadi dengan kegiatan sosialisasi Non Fisik TMMD, diharapkan dapat mencegah penyebarluasan penyakit ini. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan otomatis akan terhindar dari kegiatan yang negatif penyebab virus ini, sebagai contoh menghindari sex dengan yang bukan muhrim (sex bebas), Narkoba maupun gaya fashion mentato tubuh.

Degan langkah-langkah pencegahan diatas adalah salah satu bentuk penyelamatan generasi penerus bangsa dan menciptakan penerus tersebut yang handal, prima dan berketuhanan.

Sebagai narasumber adalah Yitno Edi W, Kepala UPT Dinsos Dalduk Kecamatan Karangjambu. Kegiatan diperuntukkan membangun masyarakat Desa Sirandu yang bertempat di Balai Desa Sirandu, puluhan warga hadir dalam kegiatan ini.

Adapun tujuan dari TNI menggandeng Dinas Kesehatan melalui UPT Dinsos Dalduk Kecamatan Karangjamu adalah, untuk menurunkan jumlah kasus HIV/AIDS baru, menurunkan angka kematian serta menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap penderita positif HIV.

Untuk itulah Kodim 0702/Purbalingga bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Purbalingga menyelanggarakan penyuluhan kepada warga masyarakat Desa Sirandu dalam mensukseskan totalitas pembangunan masyarakat di wilayah Kecamatan Karangjambu, bukan hanya di desa fokusnya saja yaitu Desa Karangjambu melalui gelaran TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702 Purbalingga sasaran non fisik.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia