PB|Madiun – Bagi anak yang tinggal di perkotaan mungkin akan susah dalam melakukan hidup bersosial terhadap lingkungan. Anak cenderung lebih cuek dan rasa individualnya tinggi. Usia anak ada 3-6 tahun sedang berada pada tahap egosentris (sifat keangkuhannya). Biasanya anak pada tahap seperti ini akan sangat susah berbagi hal apapun dengan yang lainnya. untuk itu anak-anak perlu dibiasakan dengan perilaku kerja sama, berbagi dan menolong dengan sesama. Hal itu bertujuan agar anak nantinya dapat hidup bersosial dengan masyarakat.

Cara melakukan pendekatan dengan sang anak adalah melalui cara yang menyenangkan dan menarik, agar anak-anak tertarik untuk berpartisipasi.  Salah satu kegiatan bermain yang dapat digunakan untuk membiasakan kerja sama anak adalah melalui kegiatan Outbound.

Outbound untuk anak-anak adalah kegiatan yang telah tersusun atau terencana untuk mencapai tujuan pengembangan potensi anak dan menantang untuk dilakukan. Kegiatan Outbound dilakukan di alam terbuka dengan suasana yang menyenangkan sehingga anak-anak lebih mudah mengikuti kegiatan tersebut. Melalui outbound anak bisa meningkatkan rasa yakin, membuka wawasan baru dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, bekerja sama dengan orang lain, memberikan pengalaman untuk mandiri, menyelesaikan masalah, meningkatkan kreatifitas dan berkomunikasi secara tepat.

Yonif Para Raider 501/BY menyediakan beberapa fasilitas Outbound yang dapat digunakan sebagai wahana untuk membentuk karakter dan kreatifitas anak-anak sesuai yang diinginkan. Fasilitas Outbound yang disiapkan antara lain : Fox, Burma Bridge, Two-Line Bridge, Landing Net dan Army Webb. Dengan adanya fasilitas Outbound ini diharapkan mampu mambantu orang tua untuk mendidik anak-anak. Disamping itu kegiatan Outbound yang dilaksanakan ini juga akan membina hubungan yang baik antara Yonif Para Raider 501/BY dengan masyarakat.(penkostrad|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia