7. Upacara Pelepasan Satgas 5-8-16 (8)PB | Sorong – Setelah melaksanakan tugasnya selama 10 bulan sebagai Satgas Pamrahwan di wilayah Papua dan Papua Barat, 470 prajurit anggota Satgas Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509 Kostrad dibawah pimpinan Letkol Inf Beny Setiyanto akhirnya dilepas oleh Mayor Jenderal TNI Hinsa Siburian selaku Pangdam XVII/Cendrawasih, di Pelabuhan Pelni Sorong, Papua Barat. Sabtu ( 3/11/2016).
Dalam amanatnya, Pangdam XVII/Cendrawasih mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Satgas Yonif Raider 509 Kostrad atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan di wilayah Sorong, Manokwari, Enarotali dan Puncak Jaya, dengan mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.7. Upacara Pelepasan Satgas 5-8-16 (7)
Pangdam menyatakan rasa bangganya terhadap Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan tugasnya selama 10 bulan ini, dalam rangka membantu tugas pokok Kodam XVII/ Cendrawasih mendukung program Pemerintah Daerah setempat.
Pada kesempatan yang sama, Pangdam juga menitipkan pesan kepada seluruh anggota Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, agar tetap waspada selama perjalanan pulang kembali menuju Home Base di Jember, dengan terus berusaha menjaga keamanan dan kesehatan diri masing-masing. Pangdam juga menyampaikan rasa bangga dan hormatnya pada semangat anggota Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang dengan lantangnya bertanya kapan dapat melaksanakan penugasan kembali di wilayah Papua dan Papua Barat. “Tidak semua prajurit TNI dapat merasakan kesempatan melaksanakan penugasan, sehingga keberhasilan dalam pelaksanaan penugasan merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang prajurit TNI yang dapat dijadikan sebagai bahan cerita kepada anak dan cucunya di masa depan”, tambah Pangdam XVII/Cendrawasih. Mayjen TNI Siburian juga menitipkan salam dan hormatnya untuk keluarga yang telah mendoakan keberhasilan serta menunggu kepulangan anggota Satgas Yonif Raider 509 Kostrad di kampung halaman masing-masing.7. Upacara Pelepasan Satgas 5-8-16 (4)
Pada upacara pelepasan ini, turut hadir para pejabat TNI dan Polri wilayah Sorong seperti Danlantamal XIV, Danrem 171/PVT, Dandim 1704/Sorong, Kapolres Sorong serta Danyon Satpor Brimob Sorong. Selain itu turut hadir Gubernur Papua Barat Brigjen TNI Mar (Purn) Abraham Octavianus Atururi didampingi 3 orang Bupatinya yaitu Bupati Sorong Selatan, Bupati Tambrauw dan Bupati Maybrat. Dalam sambutannya, para Bupati mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Yonif Raider 509 Kostrad mewakili seluruh warganya yang telah banyak dibantu oleh anggota Satgas Yonif Raider 509 Kostrad.
Dalam rangkaian acara upacara pelepasan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, Pangdam XVII/Cendrawasih menyematkan secara simbolis kepada Danyon dan para Danki beserta para Perwira Staf Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Satya Lencana Dharma Nusa yang merupakan penghargaan dari pemerintah atas jasa prajurit Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang telah melaksanakan tugas sebagai pengamanan daerah rawan di wilayah Papua dan Papua Barat.7. Upacara Pelepasan Satgas 5-8-16 (6)
“Sebagai anggota TNI yang merupakan Tentara Rakyat, sudah sepatutnya keberadaan kami di wilayah penugasan Papua dan Papua Barat dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat, karena kami TNI tidak dapat berbuat banyak tanpa adanya dukungan dari pemerintah dan rakyat”, harap Letkol Inf Beny. “Selain itu, kami juga akan terus berusaha semaksimal mungkin pada penugasan-penugasan kami selanjutnya dalam rangka mendukung program pemerintah guna mencapai masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera dengan terus menggelar program-program inovatif dengan harapan dapat langsung menyentuh masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu dan taraf hidup masyarakat, sebagai penerapan dan komitmen dari seluruh personel Satgas Yonif Raider 509 Kostrad. dalam rangka mendukung program Serbuan Teritorial yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI”, tutup Dansatgas.(penkostrad/red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia