Batang – Zaenal Azizin (33) petani dan peternak lovebird Rt/Rw. 02 Dusun/Desa Durenombo Kecamatan Subah, adalah salah satu peternak lovebird di desanya, desa sasaran TMMD Reguler Batang. Sama-sama penghobi burung, membuat Dansatgas TMMD ingin mengetahui resep produk ternaknya.

Dijelaskan mudah Zaenal tentang cara agar ternak lovebird cepat menghasilkan telur saat musim kawin. Normalnya adalah dalam satu bulan, namun dalam 14-20 hari sudah terlihat hasilnya. Penempatan jantan atau betina lain berlawanan di dekat/depan kandang, akan memicu gairah kawin lebih cepat dan menghasilkan telur berkualitas, disamping pemilihan indukan yang agresif.

“Rahasia utama saya adalah penambahan lampu spektrum yang berfungsi seperti matahari, ini akan menjaga keseimbangan suhu dalam kandang. Jangan terlalu panas, cukup tambahkan lampu dengan suhu 20 celcius (5500 Kelvin) dan istirahatkan lampu 10 jam setiap harinya.” beber Zaenal.

Ditambahkannya, makanan masa kawin adalah kangkung segar, biji kuaci, tauge, jagung dan remisan tulang sotong, ini akan memicu hormon indukan betina cepat bertelur, meskipun baru mengalami perkawinan dalam beberapa hari saja. Tempat minum harus dibersihkan setiap hari dan memakai air aqua, hindari campuran besi dan lumpur yang ada dalam air sumur.

Itulah penyampaian singkat Zaenal kepada Dansatgas TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang, Letkol Kav. Henry R.J Napitupulu, dalam fokus penerangan kandang. Resep satu lagi adalah penjemuran burung pasca mengeram, 4-6 hari juga sebaiknya dilakukan agar indukan betina sehat kembali dan cepat berproduksi lagi.(kodim batang|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia