PB|BANJARNEGARA – Pembangunan tanggul baru melalui pembronjongan dan penambahan talud menggunakan 500 karung tanah, di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, melalui program TMMD Reguler 102 Banjarnegara juga disertai penghijauan.


Tebing yang dulu rawan longsor sekarang sudah ditahan bronjong dan talud baru sepanjang 56 meter, untuk menstabilkan rabat beton jalan cor sepanjang 1.170 meter. Titik ini menjadi perhatian orang nomor satu di jajaran Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf. Bagas Gunanto, Dansatgas TMMD Reguler 102 Banjarnegara, dengan penanaman talud alami berupa pohon aren.


Selain Dansatgas, jajaran Forkopimda Kabupaten Banjarnegara juga berkesempatan melaksanakan penanaman serupa. Reboisasi ini adalah adalah juga merupakan sasaran over pembangunan fisik TMMD, dengan penghijauan di titik rawan longsor tersebut diharapkan dapat memperkuat kinerja bronjong dan talud karung tanah dalam menahan tebing dan menstabilkan bahu jalan yang telah dibangun.

Kegiatan yang dilakukan oleh TNI Satgas TMMD ini mendapatkan respon yang sangat baik dari warga, usaha reboisasi ini untuk menjaga kelestarian lingkungan nabati maupun hewani serta menumbuhkan rasa kesadaran warga masyarakat setempat akan pentingnya arti bahwa manusia membutuhkan tanaman, agar alam tidak marah dengan manusia (longsor), maka jaga kelestarian tumbuhan disekitar kita.(pendim0704bna|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia