Batang – Cara warga masyarakat Desa Durenombo Kecamatan Subah dalam mengungkapkan terima kasih kepada Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto diwujudkan lewat kalung bunga. Selasa (13/11/2018).

Kedatangan orang nomor satu di lingkungan TNI tersebut, disambut gegap gempita masyarakat tertinggal yang kini mulai maju karena tersentuh pembangunan. Setibanya di lokasi, Pangdam dan rombongan langsung disambut grup musik Tong-tong Prek dari para pemuda setempat. Ratusan pelajar SD N 1 Durenombo khususnya juga mengiringi langkah para tamu istimewa menuju lapangan upacara maupun mimbar kehormatan.

Pengalungan bunga sebagai tanda penghormatan dari warga Durenombo khususnya dan Batang umumnya, dipersembahkan kepada pejabat tersebut karena berkenan menutup TMMD Reguler ke-103 Kodim 0736 Batang.

Kebiasaan yang berasal dari India ini menjadi tradisi dalam penyambutan para pejabat yang menghadiri suatu acara, juga berlaku disini. Bukan hanya sebagai hiasan atau sekedar kebiasaan yang tak bermakna. Kalung bunga dibuat untuk menghormati para dewa jika dikalungkan pada patung dewa, sedangkan jika dikalungkan pada seseorang bertujuan untuk memberikan penghormatan kepadanya maupun maksud tertentu seperti ungkapan cinta atau terima kasih.

Jadi kalung bunga tersebut mewakili 2.888 jiwa Durenombo mengapresiasi pemerintah dan TNI setelah menerima pembangunan jalan aspal sepanjang 2.359 meter dan akan diresmikan serta dikembalikan kepada masyarakat seutuhnya untuk digunakan sepenuhnya meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pendidikan ataupun mendapatkan fasilitas kesehatan terdekat. (kodim batang|Red|noven)

Bagikan