oleh

PANGDAM IV/DIPONEGORO : MEMBINA POTENSI DI WILAYAHNYA MENJADI SUATU KEKUATAN YANG DAPAT MENANGKAL PERKEMBANGAN SETIAP ANCAMAN

   PB|Cilacap – Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf Ferdial Lubis, MPICT beserta Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kodim 0703/Cilacap dan seluruh Prajurit, PNS serta Persit KCK Kodim 0703/Cilacap, menyambut kedatangan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman di Makodim 0703/Cilacap, Rabu (26/04). Seusai menutup latihan pembentukan Batalyon Raider Yonif 408/ Shubrasta, Pangdam IV/Diponegoro selain ingin melihat langsung suasana dan kondisi Kodim 0703/Cilacap, juga ingin bertemu langsung dengan prajurit di daerah, khususnya prajurit Kodim 0703/Cilacap. Kunker ini merupakan kunjungan pertama kalinya sejak ia baru menjabat Pangdam IV/Diponegoro.Pada kesempatan tersebut Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT memberikan paparan baik situasi dan kondisi wilayah Kodim 0703/Cilacap, peran Kodim sebagai satuan kewilayahan dalam menjaga keutuhan wilayah Indonesia. Selain itu juga dipaparkan mengenai beberapa potensi kerawanan yang dapat mengancam keamanan dan keutuhan NKRI. ” Kodim 0703/Cilacap sebagai bagian integral Korem 071/WK telah melaksanakan tugas dalam rangka memelihara dan menegakkan kedaulatan Negara dan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap. Selain itu, Kodim 0703/Cilacap juga telah melakukan pembinaan bagi prajuritnya guna mewujudkan daya tempur kesatuannnya sehingga mampu mendukung tugas pokok Kodam, Korem. Berbagai upaya telah dilakukan guna untuk menyiapkan kekuatan pendukung serta cadangan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodim 0703/Cilacap dalam menjaga kedaulatan NKRI.” papar Letkol Inf. Ferdial Lubis. Kepada segenap jajaran Kodim 0703/Cilacap, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengingat agar menggunakan prinsif kerja yang baik dalam melaksanakan tugas selaku anggota TNI AD. Sesuai dengan norma, prinsip TNI yang mana memberikan solusi pelayanan kepada masyarakat yang baik, dan membantu melaksanakan usaha dalam mengatasi kesulitan di lingkungan masyarakat. Kodim 0703/Cilacap maupun Korem 071/Wijaya Kusuma merupakan Satuan Kewilayahan, harus semaksimal mungkin dalam upayanya menegakan keutuhan NKRI. Kodim sebagai kekuatan Inti pertahanan Negara harus didukung oleh komponen tambahan lainnya yaitu, cadangan dan pendukung lainnya. Untuk itu, Pangdam berharap Kodim harus melaksanakan Pembinaan Teritorial, yakni membina potensi di wilayahnya menjadi suatu kekuatan yang dapat digunakan untuk menangkal perkembangan setiap ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar.  ” Banyak ancaman yang mengintai keutuhan NKRI”. Mereka menyerang kita dengan banyak hal yaitu diantaranya melalui budaya, sosial, politik dan ekonomi bahkan bahaya Narkoba secara terang-terangan telah merusak jiwa para generasi bangsa. Hampir 15 ribu pertahun, orang mati karena Narkoba.” Jelas Pangdam.

Untuk itu, ia menghimbau agar peran Babinsa dilapangan ditingkatkan kembali guna meminimalisir perkembangan Narkoba tersebut. Lebih lanjut, Pangdam juga meminta kepada para Babinsa untuk senantiasa bekerja tanpa pamrih untuk Bangsa, Negara dan Masyarakat. Tingkatkan terus Kinerjanya.  Menurut Pangdam, Status yang diberikan sebagai Pembina Desa bukan karena Pangkat, Pendidikan dan Status Sosial lainnya akan tetapi karena keluhuran, kemuliaan pengabdian untuk Bangsa, Negara dan Masyarakat. Oleh sebab itu, Pangdam meminta agar Babinsa pertahankan Identitas tersebut dan tetaplah menjadi prajurit Diponegoro sejati. (Srd. Sty)

Bagikan

Baca Juga