Surabaya – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., menerima Courtesy Call dari Flag Officer Commanding Tamil Nadu and Puducherry Naval Area (RADM Alok Bhatnagar) Indian Navy pada rangkaian kegiatan Latma Samudera Sakti 2018 Indonesia – India, bertempat di ruang VIP gedung Nala Mako Koarmada II. Surabaya. Selasa (13/11/2018).

Dalam sambutannya Pangkoarmada II menyampaikan selamat datang di Surabaya khusunya di Koarmada II kepada seluruh tamu delegasi, bahwasannya kunjungan ini bukan hanya sekedar kehormatan bagi Koarmada II, akan tetapi lebih mendalam lagi kunjungan ini seperti sahabat yang sudah lama tidak berjumpa, ini menunjukkan kuatnya hubungan persahabatan kita.

Hubungan dan persahabatan antara Indonesia dan India terutama Angkatan Laut kedua negara telah terjalin dalam waktu yang lama, bisa dikatakan hubungan ini terjalin sejak kemerdekaan Indonesia, dan hari ini kita telah melihat kerjasama ini terjalin dengan sangat baik. Secara teknis hubungan kerjasama ini dapat dilihat dalam bentuk kegiatan seperti latihan bersama, Navy to Navy Talks, pertukaran siswa bidang kemiliteran dan masih banyak lagi.

Seperti diketahui dua minggu yang lalu, kita juga melaksanakan latma antara pasukan khusus India dengan Pasukan Kopaska TNI AL dan kita akan mensukseskan latma Samudera Sakti 2018.
Pagkoarmada II berharap kegiatan ini dapat meningkatkan habungan persahabatan kedua negara yang telah tumbuh secara signifikan dari waktu ke waktu dan tidak akan behenti sampai disini, kita akan mencari subyek yang lain sebagai usaha meningkatkan hubungan ini.

Sebagai dua negara yang berada di Samudera Hindia dan merupakan jalur yang sangat strategis, merupakan kesempatan kita untuk menjalin persahabatan, termasuk kunjungan ini, semoga dapat mempererat persahabatan kedua negara.
Turut Hadir Pjs. Irkoarmada II, Asisten Pangkoarmada II, Dan KRI SIM-367.(dispenarmada II|red)
Bagikan