Tulungagung – Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Pulau Ismoyo dan Prajurit Pos Pengamatan (Pasmat) Tulungagung turut mengamankan Perayaan Larung Sesaji  Sembonyo di Teluk Popoh Desa Besole Kecamatan besuki di pelabuhan PPI Popoh Kab. Tulungagung, Jatim, Sabtu (14/9).

 Tradisi Larung Sesaji Sembonyo ini dilakukan setiap tahun di bulan Suro, dimana nelayan berharap dengan melarung sesaji ke tengah laut hasil tangkapan nelayan semakin baik.

Prosesi ritual Larung Sembonyo ini diawali dengan acara selamatan di tempat pendaratan ikan pantai Popoh yang sudah didoakan oleh para sesepuh desa setempat terlebih dulu.

Usai dibacakan doa, prosesi dilanjutkan dengan melarung sesaji ke tengah laut, diarak beramai-ramai oleh pengunjung dan nelayan dengan diantar puluhan perahu nelayan.

Patkamla Pulau Ismoyo tak ketinggalan mengamankan prosesi larung sesaji sampai dengan selesai.

Menurut Bupati Tulungagung Drs . Maryoto Birowo M.M mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus, dan bisa menjadi agenda wisata tahunan di wilayah Tulungagung.

Labuh laut merupakan kekayaan budaya yang dimiliki warga pantai Popoh juga merupakan adat tradisi yang digelar setiap tahun dan turun menurun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Tulungagung Bpk Heru Cahyadi SE, Kepala UPT P2SKP Pelabuhan Popoh Bpk Choirul Huda Spi, Muspika Kec. Besuki, Warga Nelayan Popoh, Sesepuh tokoh agama dan wisatawan domestik. (dispen lantamal V|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia