Surabaya – Menggunakan pesawat Cassa milik TNI AL, Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo memimpin langsung patroli udara maritim di perairan Selat Makassar dan Kalimantan.

Patroli udara tersebut guna memastikan jika wilayah perairan yang termasuk kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia ini aman jelang pergantian tahun baru 2020.

Menurut Danguspurla, adanya patroli udara maritim amat sangat membantu kapal-kapal TNI AL yang sedang melaksanakan operasi di wilayah perbatasan NKRI-Malaysia dari berbagai aksi ilegal.

“Patroli udara maritim ini bertujuan untuk mengamankan perairan wilayah NKRI dari tindakan-tindakan ilegal di laut, juga potensi kerawanan terhadap penyelundupan narkoba khususnya yang terjadi di wilayah ALKI II dan perairan perbatasan Indonesia-Malaysia,” jelas Rahmat, sapaan karib Danguspurla Koarmada II.

Rahmat juga mengatakan mengapa Cassa dipilih untuk membantu patroli udara karena memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah mampu melaksanakan komunikasi secara langsung dengan unsur KRI maupun Pangkalan TNI AL yang terdekat untuk melaksanakan penindakan dan pemeriksaan obyek sasaran (kapal). (Dispenkoarmada II|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia