Surabaya – Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dien Mintoro Yulianto, beserta Pengurus Daerah Jalasenastri Armada II mengikuti Pelatihan membatik Ringkel bertempat di Indoor Sport Koarmada II. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program kerja Jalasenastri yang sudah dilaksanakan oleh Pengurus Pusat Jalasenastri yang diikuti oleh perwakilan dari Jalasenastri seluruh Indonesia pada tanggal 30 April 2019 yang lalu, Selasa (28/05/2019).     Teknik Ringkel merupakan pengembangan dan penggabungan dua teknik, yaitu Teknik Smock dan Teknik Tritik Jumputan. Teknik Smock dilakukan seperti menjahit dan menyulam dengan tangan. Jadi teknik ini diawali dari tusukan menjahit untuk membuat kerutan-kerutan yang menghasilkan motif menarik sesuai pola tertentu. Apabila Smock dikerjakan di atas kain polos, maka pada kain tersebut harus diberi tanda-tanda titik atau garis. Sementara itu, Teknik Tritik Jumputan adalah proses pewarnaan dengan menggunakan bahan perintang seperti tali, benang atau sejenisnya menurut corak-corak tertentu. Prosesnya kain dicelup atau diwarnai dan dibuka jahitannya. setelah dibuka akan menghasilkan motif-motif yang indah.
 
Dalam sambutanya Ketua Daerah Jalasenastri Armada II mengatakan agar seluruh peserta perwakilan mengikuti dan memperhatikan instruktur yang nantinya bisa membuat batik ini dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal dan untuk selanjutnya dapat ditularkan ilmu tersebut kepada anggota masing-masing sehingga ilmu tersebut menjadi bermanfaat.
 
Mengakhiri sambutannya  Ny. Dien Mintoro Yulianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh ibu-ibu yang telah hadir dalam acara ini, terlebih kepada perwakilan ibu-ibu dari Korcab V, VI, VII, VIII dan XIII yang jauh dari daerahnya masing-masing untuk mengikuti acara pelatihan membatik Ringkel dimaksud. 
Acara Pelatihan Batik Ringkel ini di ikuti oleh Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada II, Pengurus Daerah Jalasenastri Armada II, Anggota Cabang 1 DJA II  serta perwakilan dari masing masing Korcab di bawah armada II serta perwakilan kowal armada II (dispen koarmada II|red|noven)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia