Papua – Ketulusan, kerja keras dan pengabdian yang diberikan prajurit Batalyon Infanteri Para Raider (Yonif PR) 328 Kostrad kepada warga di perbatasan RI-PNG, mendapat apresiasi dari Duta Besar (Dubes) RI untuk Negara Papua New Guinea (PNG) dan Kepulauan Salomon, Bapak Andriana Supandy.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif PR 328 Kostrad, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han), dalam rilis tertulisnya di Papua, Kamis (9/5/2019).

Diungkapkan Dansatgas, saat kunjungan ke Satgas pada Rabu (8/5/2019), Dubes memberikan apresiasi terhadap capaian dan pengabdian Satgas yang telah memasuki lima bulan mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG.

“Bapak Dubes melihat keberhasilan Satgas dalam membina kehidupan masyarakat yang makin kompak dan bangga menjadi bagian dari NKRI,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan pada kunjungannya ini, Duta Besar merasa bangga bisa bertatap muka langsung dengan prajurit yang ada di perbatasan.

“Prajurit TNI harus merasa bangga dan menjadi satu kehormatan karena ditugaskan di tempat yang paling sulit di ujung negeri ini,” ucapnya.

“Walaupun jauh dari keluarga, terbatasnya sarana dan prasarana, tetapi kalian tetap semangat bertugas dalam menjaga batas-batas wilayah. Ini sungguh luar biasa,” jelasnya.

Prajurit Satgas tambahnya, juga terus melaksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti ikut aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, membantu perbaikan rumah warga dan mengajar di sekolah-sekolah yang terbatas tenaga pengajarnya.

“Dengan kedekatan seperti ini, kebanggaan rakyat kepada TNI kian terpatri dalam sanubari warga, sehingga tugas-tugas yang diembanpun dapat dilaksanakan dengan baik berkat dukungan warga,” terangnya.

Dansatgas juga menyampaikan bahwa dalam kunjungan itu, Bapak Adriana Supandy mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya atas sambutan yang diberikan oleh anggota Satgas Pamtas yang dirasakannya sangat luar biasa.

“Keberhasilan dalam mencegah peredaran barang ilegal dan penyeludupan, serta berhasil menurunkan anggota OPM beserta keluarganya kembali ke pangkuan NKRI merupakan suatu keberhasilan yang sangat membanggakan,” tuturnya.

Diakhir kunjungan, Dubes RI untuk PNG juga berpesan kepada seluruh personel Satgas agar selalu bangga menjaga wilayah perbatasan.

” Tugas ini merupakan suatu kebanggaan bagi seorang prajurit dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, ” pungkasnya.(penkostrad|red)

Bagikan