PB|PURBALINGGA – HIV/AIDS adalah penyakit yang belum dapat disembuhkan hingga sekarang, penyakit ini juga merusak generasi penerus bangsa selain daripada Narkoba. Untuk itulah Kodim 0702/Purbalingga bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Purbalingga menyelanggarakan penyuluhan kepada warga masyarakat Desa Sirandu dalam mensukseskan totalitas pembangunan masyarakat di wilayah Purbalingga melalui gelaran TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702 Purbalingga sasaran non fisik.

Sebagai narasumber adalah Yitno Edi W, Kepala UPT Dinsos Dalduk Kecamatan Karangjambu dengan didampingi Kaposramil Karangjambu, Pelda Muhammad, yang juga Satgas TMMD. Kegiatan diperuntukkan membangun masyarakat Desa Sirandu yang bertempat di Balai Desa Sirandu, puluhan warga hadir dalam kegiatan ini.

Adapun tujuan kegiatan penyuluhan ini adalah untuk menurunkan jumlah kasus baru, menurunkan angka kematian, menghilangkan stigma dan diskriminasi. “Merupakan   komitmen pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam mewujudkan Getting To 3 Zeroes, yaitu Zero New HIV Infection, Zero Stigma and Discrimination dan Zero AIDS Related Death, harus tercapai ditahun 2018” ucap Yitno.

Penyebab utama semakin meningkatnya penderita HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga adalah perilaku seks yang menyimpang dari pasangan yang sudah menikah dimana pereselingkuhan pasca pernikahan juga menjadi pemicu meningkatnya angka penderita HIV/AIDS. Warga yang sekembalinya dari merantau/buruh migrant juga rentan tertular HIV. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri sedini mungkin juga masih menjadi hambatan utama dalam menekan angka pertambahan penyakit ini.

Dalam penyuluhan ini dibahas mulai dari virus HIV, cara penularan, gejala, pengobatan dan cara pencegahannya. Materi tersebut diberikan dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh peserta  yang mayoritas pendidikannya rendah. Untuk tenaga konselor (VCT) sangat diperlukan dalam mensosialisaiakan HIV/AIDS, serta selalau memberikan dukungan moril kepada para penderita untuk meminum obat ART.

Jadi dengan digandenganya Dinsos KB P3A Kabupaten Purbalingga dalam gelaran TMMD Reguler 101 Kodim Purbalingga lewat sasaran non fisiknya, diharapkan dapat mencegah penyebarluasan penyakit ini. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan otomatis akan terhindar dari kegiatan yang negatif penyebab virus ini, sebagai contoh menghindari sex dengan yang bukan muhrim (sex bebas), Narkoba maupun gaya fashion mentato tubuh.

Degan langkah-langkah pencegahan diatas adalah salah satu bentuk penyelamatan generasi penerus bangsa dan menciptakan penerus tersebut yang handal, prima dan berketuhanan. Penyuluhan ini menyedot perhatian para peserta, dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia