oleh

PERSIT KCK CABANG XVIII DIM 0703 CILACAP BERSAMA JALASENATRI LANAL CILACAP LAKSANAKAN PEMERIKSAAN IVA

  PB|Cilacap – Dalam rangka HUT Dharma Pertiwi ke-53 Dharma Pertiwi, HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke-71, HUT ke-71 Jalasenatri, Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap bersama Jalasenastri Lanal Cilacap laksanakan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) bertempat di Balai Pengobatan Lanal Cilacap Jalan Wiratno No.33 Kelurahan Tambakreja Cilacap, Jum’at (10/03).

Selain dihadiri oleh Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Risma Lubis, Wakil Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur Lanal Cilacap Ny. Eri Bambang Joko Prayitno kegiatan pemeriksaan IVA yang diperiksa oleh Ny. Lies Pramana, Amd,.Keb, dari Puskesmas I Cilacap Selatan ini, juga dihadiri oleh Wakil Ketua Persit Koorcab Rem 071 PD IV Diponegoro Ny. Fitri Ariful Mutaqin.

Dengan tekad meningkatkan kualitas keluarga prajurit yang kreatif, guna mewujudkan TNI yang hebat, profesional dan dicintai rakyat, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV Diponegoro dan Jalasenastri Armada Timur Lanal Cilacap yang tergabung dalam organisasi Dharma Pertiwi melaksanakan berbagai kegiatan dan salah satunya yaitu pemeriksaan IVA ini.

Mengawali kegiatan ini, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Risma Lubis mengimbau kepada seluruh anggota Persit khususnya KCK Cabang XVIII agar tidak takut untuk memeriksakan kesehatan organ vitalnya karena ini merupakan langkah awal agar kita sehat.
” Apabila dari pemeriksaan ini ada yang positif terkena kanker serviks, maka akan segera diberikan langkah untuk pengobatan jadi janganlah takut.” ujar Ny. Risma Lubis.

Hal ini juga ditambahkan oleh Lettu Kes. Dr. Cin Yong dari Lanal Cilacap bahwa pemeriksaan IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dan merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%.

Selain pemeriksaan IVA di Balai Pengobatan Lanal Cilacap, sebagian anggota Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap juga melaksanakan pemeriksaan IVA di Klinik Pratama Rumkitban 04.08.01 Cilacap dan Giat Donor Darah di Rumah Sakit Tentara (RST) Purwokerto. Sebanyak 100 anggota Persit KCK Cabang XVIII
Persit KCK Cabang XVIII laksanakan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) terbagi dua tempat sedangkan dari Jalasenastri Cabang 3 Koorcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur Lanal Cilacap berjumlah 23 orang. (URIP|red)

Baca Juga