PB|PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga “tak main-main” dalam mensukseskan perampungan pembangunan di wilayahnya melalui TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga, 1 unit vibro roller dari Dinas PU dikerahkan ke Desa/Kecamatan Karangjambu untuk memadatkan jalan Makadam sepanjang 1.975 meter lebar 7 meter agar kualitas jalan maksimal dan tahan lama.

Jika Makadam rata dan mulus, warga Karangjambu sudah pasti akan merasakan manfaat dari akses baru yang sedang dirampungkan TNI dan warga, tentunya masyarakat yang melintasinya juga akan mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama berlalu-lalang melaksanakan aktivitas perkebunan mereka.

Terpisah Kades Karangjambu, Warsito, S.Ag menyatakan, “Tidak berlebihan jika saya katakan bahwa akses jalan ini sangat vital bagi desa kami nantinya, mengingat luas wilayah Desa Karangjambu 46,09 km², jalan ini akan menjadi jalan lingkar alternatif ke perkebunan warga. Biaya angkut panen akan lebih murah tentunya, dan akhirnya lebih mensejahterakan warga” ucapnya.

Beberapa warga juga berharap, dengan pengerasan dan pemadatan jalan tersebut, pada akhirnya akan dilakukan pengaspalan jalan, seperti rencana Bupati Purbalingga yang akan mengaspal jalan tembus Karangjambu-Ponjen Kecamatan Karanganyar dalam tahun ini.

Dengan bantuan alat berat vibration roller ini yang termasuk dalam kategori tandem roller, penggilasan, pemampatan hasil timbunan akan sangat baik dengan adanya gaya dinamis terhadap tanah, butir-butir pasir dan kerikil cenderung akan mengisi rongga-rongga batu gunung yang kosong sehingga jalan manjadi halus dan padat tentunya.

Ini akan lebih mengawetkan Makadam tersebut, apalagi Makadam sudah disertai dengan penggalian parit disepanjang jalan di kiri-kanannya, sehingga diharapkan apa yang telah TNI dan warga lakukan menjadikan jalan ini awet kedepannya. Dan finalnya adalah pangaspalan jalan seperti jalan utama Karangjambu-Bobotsari.

Terlihat 1 buah pick up sudah rasakan mulusnya akses Makadam ini untuk mengangkut hasil perkebunan sengonya, dengan melintasi Satgas TMMD dan warga yang sedang bekerja mendorong roller tersebut menaiki tanjakan Makadam.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia