PB|Kediri – Polsek Kandat Polres Kediri melaksanakan kegiatan pembentukan Dewan Saka Bhayangkara yang bertempat di kantor Polsek Kandat sebagai salah satu pola pembinaan terhadap remaja dengan mengenalkan ilmu Kepolisian. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 25 penegak Pramuka dari berbagai sekolah setingkat SMU di wilayah Kec. Kandat, Kapolsek Kandat Polres Kediri AKP Ketut Suparta menjelaskan, nantinya anggota Saka Bhayangkara yang telah ditempa dengan bebagai pengetahuan kesakaan, yang mencakup empat krida khususnya ilmu Kepolisian mampu menjadi contoh di masyarakat.

Kami berharap dengan pembentukan remaja-remaja ini melalui kegiatan Saka Bhayangkara mampu menjadi pioneer dan contoh di masyarakat, demikian juga nantinya mampu sebagai perpanjangan tangan tugas-tugas Kepolisian dalam menjaga kamtibmas,” ungkapnya. Lebih jauh AKP Ketut Suparta mengakui tingginya peran serta dan minat remaja melalui Saka Bhayangkara, sehingga potensi yang ada itu akan terus dikembangkan dan mampu menjadi mitra Polisi dalam melaksanakan tugasnya.

Kita berikan pembekalan yang cukup dan nantinya kemampuan yang dimiliki akan kita libatkan dalam tugas-tugas Kepolisian termasuk nantinya dalam kegiatan operasi khusus misalnya operasi Ramadniya, operasi Lilin ataupun pada perayaan malam tahun baru,” ujarnya. Pembinaan Saka Bhayangkara secara berkelanjutan kami lakukan sebagai wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional dan juga daerah kita,” papar Kapolsek Kandat.

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Kandat Polres Kediri Ipda Gawik Wahyuti menjelaskan bahwa perekrutan anggota Saka Bhayangkara dilakukan untuk menyamakan materi yang diberikan hingga kemudian dikembangkan digugus depan masing-masing melalui latihan rutin. Kegiatan pembentukan dan pelatihan Saka Bhayangkara ini akan kami laksanakan secara rutin, sebagaimana implementasi atas tugas pokok fungsi Binmas sebagai garda terdepan pembentukan dan pelatihan Saka Bhayangkara,” papar Ipda Gawik Wahyuti.(pid polres|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia