Merauke – Pos Komando Utama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad melaksanakan kegiatan karya bakti di Kampung Tanas Distrik Elikobel Kabupaten Merauke (Senin/27/08/18). Kegiatan karya bakti ini mencakup pembersihan lingkungan jalan menuju Kampung Tanas yang selama ini terkenal sulit untuk ditembus.

   Kondisi jalan yang sebagian tertutup ilalang mempersempit lebar jalan yang ada. Selain itu kondisi jalan tanah yang belum keras semakin mempersulit akses jalan menujua Kampung Tanas dikala hujan. Hal ini yang diperbaiki oleh Pos Kout Satgas dengan bekerja sama dengan perusahaan yang ada di sekitar Distrik Elikobel.

Mayor Inf Sujarwo selaku Wadansatgas menjelaskan, “Selama ini anggota kami rutin melaksanakan pembinaan teritorial di Kampung Tanas, dan sering kali terkendala masalah akses jalan saat kondisi cuaca hujan. Maka kami berinisiatif untuk menggandeng perusahaan yang ada di sekitar Distrik Elikobel untuk berperan aktif membantu mempermudah akses jalan dengan menggunakan alat berat”.

Bapak Samuel Mugujae selaku Kepala Kampung Tanas juga menambahkan, “Warga kami sering meminta bantuan kepada bapak-bapak Pos Kostrad, tapi kalau hujan jalan becek kami sulit untuk keluar kampung”.

Memang kondisi nyata di lapangan akses jalan satu-satunya ini sangat tergantung dengan cuaca, jika panas akan mudah dilewati namun jika hujan deras akses jalan hanya dapat ditembus dengan berjalan kaki sekitar 13 kilometer menuju jalan Trans Papua.

Komandan SSK 1 Letnan Satu Inf Yulianus yang menduduki Pos Kalimaro juga menjelaskan, “Masyarakat Kampung Tanas sangat bergantung pada keberadaan Pos Satgas TNI, untuk berobat maupun mengadukan permasalahan sosial yang terjadi di kampung, sehingga dengan dilakukannya pembersihan jalan ini diharapkan warga Tanas tidak lagi kesulitan untuk mencapai Pos Kalimaro. Kondisi jalan tanah seperti ini sifatnya sementara, sehingga perlu perawatan secara berkala agar tetap dapat dilewati dengan mudah.(penkostrad|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia