PB|PURBALINGGA – Pembangunan beberapa Gorong-gorong di Bantaran Kali Laban yang merupakan over prestasi fisik lainnya dari dampak normalisasi Kali Laban yang dilakukan Satgas TMMD bersama dengan 1 unit excavator dari Dinas PU Kabupaten Brebes dalam gelar TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga, dinilai oleh tokoh masyarakat setempat, cukup potensial bagi kesejahteraan para petani di desa sasaran TMMD, Desa/Kecamatan Karangjambu.

‘’Pembangunan gorong-gorong itu cukup potensial, mengingat nantinya akan menjadi akses kaluar masuk air sungai dari dan ke saluran irigasi yang saat ini masih dalam perampungan oleh TNI dan warga kami,’’ ungkap, Suyanto, salah seorang tokoh masyarakat Rt. 20 Rw. 04 Dukuh Sanguwatang Desa Karangjambu.

Nantinya, lanjut Turmono, dengan gorong-gorong itu jika  air sungai mencapai debet tertentu, akan dapat mengalir ke saluran irigasi melalui gorong-gorong yang sedang dirampungkan tersebut. Dengan metode seperti itu, diharapkan hasil panenan padi warga akan lebih meningkat.

Sebagaimana diketahui, pembangunan gorong-gorong di desa tersebut selama ini belum terfikirkan, sebelumnya bantaran kali adalah tanah semak belukar yang ditumbuhi ilalang dan pohon bambu. Melalui normalisasi Kali Laban awalnya tujuan Satgas TMMD untuk mencari batu dan pasir kali untuk perampungan pengerasan Makadam, namun malah menimbulkan over fisik baru jalan lingkar luar desa di bantaran Kali Laban selebar 3-5 meter.

Jadi dengan bantaran/tanggul ditinggikan dan dibuat jalan, otomatis gorong-gorong juga dikerjakan, sebagai pembuangan air dari sawah dan perumahan ke Sungai Laban. Setidaknya ada 5 titik pemasangan gorong-gorong, inilah berkah atau potensi lain dari normalisasi sungai dalam gelaran TMMD Reguler 101 Purbalingga.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia