Surabaya – Sejumlah prajurit KRI Fatahillah-361 (KRI FTH-361) berhasil memadamkan api yang berkobar cukup besar disalah satu bagian gedung simulator Komando Latihan Koarmada II (Kolatarmada) pagi tadi. Namun berkat kesigapan mereka, api berhasil dipadamkan hingga tidak sampai membesar dan juga meminimalisir kerugian material.

Kejadian tersebut diatas adalah bagian dari simulasi peran Penyelamatan Kapal yakni terhadap kejadian Kebakaran dan Kebocoran secara riil, dalam rangka Uji Glagaspur Tk.I/L1 KRI, yang digelar oleh Kolatarmada II sejak tanggal 21 hingga 23 Januari 2019 di Auditorium TTT Puslat Penerbal Kolat Koarmada II.
Dalam mempertahankan kemampuan dan kesiapsiagaan mengawaki KRI, drill peran-peran dilaksanakan dari pagi hingga sore hari, baik peran operatif, peran administratif, peran darurat maupun peran khusus. Dimana Komandan KRI FTH-361, Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan memimpin langsung pelaksanaan drill peran-peran tersebut.

Kegiatan Uji Glagaspur ini meliputi review prosedur peran-peran ter-update yang dilaksanakan di KRI dari peran persiapan kapal berlayar dan bertempur sampai dengan peran peninggalan. Adapun materi yang krusial dan esensial selama pelajaran ini adalah peran penanggulangan kebakaran dan kebocoran di bawah koordinator Kapten Laut (T) Pivit Sumantri dan Kapten Laut (T) Fakhrizal Abdong.
Uji Glagaspur Tk. 1 ini bertujuan untuk menguji interfacing antar personel dan peralatan di setiap pos tempur dan pos komando, agar dapat berfungsi sesuai standar kemampuan yang dipersyaratkan dalam mencapai fungsi asasi KRI FTH-361 sebagai Perusak Kawal.(dispenarmada II|red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia