PB|Banyuwangi – Segenap prajurit dan ASN Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi Lantamal V melaksanakan Upacara Dharma Samudra untuk memperingati Hari Dharma Samudera 2018 mengenang pertempuran Laut Aru dan  gugurnya Komodor Yos Sudarso di Mako Lanal Banyuwangi, Senin (15/1).   Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya, M. Tr. Hanla mengatakan pelaksanaan ”Upacara Dharma Samudra” untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962, yang melibatkan tiga kapal cepat Torpedo TNI AL yakni KRI Macan Tutul, KRI Harimau, KRI Macan Kumbang, menghadapi kapal perang kerajaaan belanda yang lebih modern & canggih.

Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Deputi KASAL on board di atas KRI Macan Tutul sedang melaksanakan misi operasi Dwikora pembebasan irian barat. Namun pada saat peristiwa tersebut Komodor Yos Sudarso beserta 25 Prajurit Laut gugur sebagai Kusuma Bangsa.

Peringatan Hari Dharma Samudera agar seluruh Prajurit TNI AL senantiasa dapat mewarisi dan meneladani jiwa patriotisme dari para pahlawan, dengan penuh semangat berjuang demi kejayaan TNI AL, Bangsa dan Negara. Jalesveva Jayamahe.

Dalam Upacara tersebut bertindak sebagai Irup Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Suhartaya, M:Tr. Hanla, Komandan Upacara Lettu Laut (P) Heru Sutopo yang diikuti Perwira Staf, Bintara, Tamtama, ASN, Ketua dan pengurus Jalasenastri Cabang 6 Korcab V DJAT selesai Upacara dilanjutkan pelarungan bunga dan tabur bunga dilaut yang diikuti ibu-ibu Jalasenastri.(Dispenlantamal V|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia