Ambon – Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka menghadapi pengamanan kampanye terbuka dan pemungutan suara Pemilu tahun 2019 di Lapangan Upacara Letkol Pol. Purn CHR Tahapari Tantui, Jln. Sultan Hassanudin, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Jumat (22/03/2019).

            Danlantamal IX hadir didampingi Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (KH) Yus Hariyanto, Asops Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Elmondo Sianipar, Aspers Danlantamal IX Letkol Laut (S) Dede Suherman dan Komandan Polisi Militer Lantamal IX Letkol Laut (PM) Candra Hermawan serta Komandan Yonmarhanlan IX Mayor Marinir Edwin Sinae.

Apel pasukan dengan mengusung tema “Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI Dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Kamdagri Yang Kondusif” dipimpin Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M dan Pangdam XVI/PTM Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq S.H., M.H.

Pada kegiatan tersebut pimpinan apel membacakan amanat Menkopolhukam RI yang intinya menyampaikan bahwa Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 (lima) jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan. Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak dan massif diseluruh wilayah Indonesia baik itu di tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota dengan melibatkan prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya. Jumlah kekuatan prajurit TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu serentak tahun 2019 adalah sebanyak 453.133 orang didukung dengan Alutsista sesuai potensi kerawanan yang ada.

“Jumlah kekuatan TNI-Polri ini cukup besar. Hal ini kita laksanakan semata-mata menunjukkan bahwa negara dengan didukung oleh rakyatnya sangat serius dan bertanggung jawab agar gelaran pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti guna memilih calon legislatif dan pemimpin nasional yang berintegritas”, jelasnya.

Selanjutnya dalam amanat tersebut, Menkopolhukam RI menekankan bahwa dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019, agar seluruh prajurit TNI-Polri yang terlibat mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum.

Selain itu, agar mewujudkan sinergitas antara TNI-Polri dengan penyelenggara Pemilu dan seluruh komponen masyarakatsehingga setiap  permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan bersama.

Sementara itu pada pelaksanaan pengamanan kampanye terbuka dan pemungutan suara Pemilu tahun 2019, Komandan Lantamal IX menerjunkan prajuritnya untuk ikut serta dalam mengamankan Pemilu serentak tahun 2019 baik Prajurit Lantamal IX maupun Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX|red|noven).

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia