Surabaya – Segenap prajurit Batalyon Marinir  Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V surabaya mengikuti latihan pertahanan pangkalan tahun 2019 di wilayah DBAL ( Daerah Basis Angkatan Laut) Jl. Hang tuah Surabaya,  Kamis (16/5).

Danyonmarhanlan V Surabaya, Lantamal V, Koarmada II, Letkol Marinir Endrawan Rahmania, M.Tr.Hanla, selaku Perwira penanggung jawab latihan menyampaikan bahwa Latihan pertahanan pangkalan tersebut merupakan latihan Embarkasi dalam rangka mendukung latihan Armada Jaya tahun 2019 dan merupakan simulasi pertempuran untuk mempertahankan pertahanan di daerah pangkalan dimana Koarmada sebagai daerah pertahanan selain itu latihan ini juga untuk mengasah kesiapsiagaan dan kewaspadaan setiap prajurit guna mengantisipasi setiap ancaman dari luar .

Rangkaian Latihan  tersebut dilaksanakan selama 2 hari di wilayah DBAL (Daerah Basis Angkatan Laut) , dengan materi antara lain, PHH dan latihan serangan bahaya udara, kegiatan ini melibatkan personel dari Yonmarhanlan V, Mako Lantamal V, Diskes Lantamal V, Pomal Lantamal V, Team Intel Lantamal V, Satroltas Lantamal V dan tim kebakaran Mako Lantamal V.

Skenario latihan serangan bahaya udara tersebut adalah sebagai berikut “Bahwa berdasarkan laporan informasi dari Mako Koarmada II , telah terdeteksi kontak udara 01 pesawat tempur musuh dari, jarak jauh kecepatan tinggi, ketinggian sedang, diduga akan melakukan penyerangan ke Mako Koarmada II

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI  Mintoro Yulianto,S.sos.MSi memerintahkan seluruh prajurit untuk bergerak cepat mengantisipasi serangan bahaya udara, Setelah mendapat perintah tersebut kemudian Danyonmarhanlan V Letkol Mar Endrawan Rahmania M.Tr Hanla menggerakan pasukan terutama Baterai Arteleri dengan menggunakan Material Tempur Meriam 37 MM dibawah pimpinan Danrai Kapten Mar Wiyono dengan cepat bergerak ke tempat yang sudah ditentukan koordinatnya untuk membantu Koarmada II dalam rangka menghalau serangan udara musuh.

Satu  pesawat tempur musuh berhasil ditembak jatuh oleh Prajurit Baterai Arteleri Yonmarhanlan V, lalu dilaksanakan peran bahaya kebakaran oleh prajurit Mako Lantamal V. Terdapat personel anggota yang menjadi korban luka bakar, selanjutnya dilakukan tindakan pertama oleh Diskes Lantamal V untuk selanjutnya dievakuasi ke RSAL Dr.Ramelan Surabaya. (dispen lantamal V|red|noven)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia