30082016 hut PPAL-3 PB | Bangkalan – Ulang tahun adalah momen bahagia dan bukan hanya milik kawula muda saja untuk merayakannya namun milik semua kalangan, seperti para purnawiran prajurit TNI AL Rayon Batuporon, Madura ini yang merayakan Hari Jadi organisasi Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) ke-30 yang digelar di Gedung Serba Guna Rato Ebuh, Bangkalan, Selasa (30/8).

Perayaan hari jadi PPAL ke-30 di Rayon Madura ini dihadiri Wakil Ketua PPAL Pusat, Laksdya TNI (Purn) Gunadi beserta beberapa pengurus PPAL lainnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan Mohammad Fahri dan tamu undangan lainnya.30082016 hut PPAL-2Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Armada dan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film kilas balik pengabdian prajurit untuk bangsa dan sambutan-sambutan dari Ketua PPAL Rayon Madura Serka (Purn) H. Udeh Soemardi, Sambutan dari Bupati Bangkalan dalam hal ini diwakili Sekda dan sambutan dari Wakil Ketua PPAL Pusat Laksda TNI (Purn) Gunadi.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula taliasih bagi para purnawirawan dan warakawuri dan dilanjutkan pemotongan tumpeng. Bila melihat sejarah berdirinya PPAL, ini bermula pada tahun 1986, yang semula bernama Badan Kontak Purnawirawan Angkatan Laut (BKP-AL) atas ide Bapak Letnan Kolonel (Purn) H.R. Imam Soetopo (Alm) dan Laksamana Madya TNI (Purn) Susatyo Mardji (Alm), sejak tahun 1981 telah diselenggarakan pertemuan para Purnawirawan dan Warakawuri TNI-AL bertempat di Gedung Panti Perwira, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI.30082016 hut PPAL-4Untuk pertama kalinya pada tahun 1994 melalui Surat Keputusan KASAL No. 591/1994, secara resmi BKP AL dikukuhkan menjadi satu satunya wadah bagi para Purnawirawan dan Warakawuri TNI AL dan yang terakhir melalui Surat Keputusan KASAL No. Skep/1472/IX/1999 tanggal 08 September 1999 organisasi BKP AL disempurnakan dengan nama Badan Kontak Purnawirawan TNI Angkatan Laut.

Anggota BKP AL adalah Purnawirawan TNI Angkatan Laut dan mantan BKR Laut yang telah memenuhi formalitas keanggotaan BKP AL yang terdiri atas Purnawirawan dan Pensiunan PNS TNI Angkatan Laut, Warakawuri / Duda TNI Angkatan Laut, Para Janda / Duda PNS TNI Angkatan Laut, Mantan anggota TNI Angkatan Laut yang berhenti / keluar sebelum pensiun dan mendapat Skep Pemberhentian Dengan Hormat, Istri / suami Purnawirawan & Pensiunan PNS TNI Angkatan Laut.

Setelah terbitnya Peraturan KASAL Nomor : Perkasal/54/VIII/2010 tanggal 13 Agustus 2010 terjadi perubahan nama organisasi dari Badan Kontak Purnawirawan TNI Angkatan Laut (BKP AL) menjadi Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL), sekaligus penetapan AD/ART PPAL tanggal 18 Agustus 2010, dan dijadikan sebagai dasar langkah kebijakan sampai sekarang.(dispenal-5/red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia