Malaysia – Sejumlah penari Reog Ponorogo sebagai salah satu tarian khas Jawa Timur beraksi menyambut delegasi Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) , yang khusus diundang oleh Satgas Operasi Jala Gardapati 18, dalam Satuan Tugas (Satgas) Port Visit 2018 yang menggelar acara Cocktail Party di Geladak Heli KRI GNR- 332 dan KRI TOM- 357 yang saat ini sandar di Dermaga Mawila 3 Langkawi Malaysia. Rabu (21/11/2018).

Cocktail party tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan persahabatan kedua angkatan laut yakni antara TNI AL dan TLDM. Dan sebagaimana diberitakan sebelumnya jika dua kapal perang Republik Indonesia yakni KRI I Gusti Ngurah Rai ( KRI GNR- 332) yang dikomandani Kolonel Laut (P) Endra Hartono, dan KRI Bung Tomo (KRI TOM- 357) dengan komandan Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, saat ini sedang melaksanakan tugas negara yang bersandi Satgas Port Visit 2018, dengan tujuan empat negara di Kawasan Asia Tenggara.

Lebih lanjut Cocktail Party yang dihadiri Panglima Wilayah Laut 3 Malaysia (TLDM) Laksamana Pertama Muhammad Azuwan Bin Harun beserta staf ini sebelum memasuki KRI TOM-357 disambut di dermaga dengan tarian Reog yang merupakan tarian khas dari Ponorogo Jawa Timur yang dimainkan oleh prajurit Satgas Port Visit 2018.

Ketika memasuki tangga agung KRI, rombongan delegasi Malaysia kembali di sambut dengan penampilan tari Tor-tor sebagai tarian selamat datang. Selanjutnya para tamu dipersilahkan untuk melihat pameran suvenir, alat musik tradisional, patung adat, serta minuman jamu tradisional khas Indonesia dan pameran foto yang bertema obyek pariwisata di Indonesia.

Sementara itu Danguspurla Koarmada I Laksma TNI Irvansyah, S.E., sebagai Senior Officer (SO) Satgas Port Visit 2018 saat membuka acara Coctail Party, menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan selamat datang pada Panglima Wilayah Laut 3 Malaysia (TLDM) Laksamana Pertama Muhammad Azuwan Bin Harun beserta staf dalam eksibisi seni budaya di KRI TOM- 357 dan Cocktail Party di KRI GNR- 332.

Menurut orang nomor satu dijajaran Guspurla Kormada I ini, bahwasannya hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini antara Indonesia denagn Malaysia dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Dan untuk membangun kerjasama yang baik antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Malaysia, dapat diwujudkan melalui latihan dan patroli bersama, program pertukaran prajurit serta beberapa hal lainnya yang telah di sepakati selama bertahun-tahun.

Danguspurla Koarmada I berharap hubungan ini menjadi pondasi yang kuat kedepan untuk pertahanan yang lebih kuat di antara ke dua negara tersebut.

Usai memberikan sambutannya para tamu dipersilahkan menikmati hidangan khas Indonesia yang disediakan untuk seluruh undangan di hibur oleh penampilan seni Jaranan, Rapak Gendang, Tari Topeng Klana, Tari Kecak, Tari Topeng Reog dan Tari Saman, selain tarian juga ada hiburan Band, joget Poco- poco dan Gemufamire.(dispenarmada II|red)

Bagikan