251116-prokasih-hut-armada-5PB | Surabaya – Panglima Komando Armada Timur Laksamana Muda Darwanto, S. H., M. AP dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Ina Darwanto yang didampingi Kasarmatim, dan para Asisten, Para Dansat, serta Para kasatker  meninjau pelaksanaan kegiatan Prokasi disekitar Kalimas, jum’at (25/11)

Kedatang orang nomer satu di Koarmatim ini untuk melihat secara langsung pelaksanaan prokasih yang dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi Armada yang ke-71 tahun 2016.251116-prokasih-hut-armada-4Sebelum pelaksanaan bersih-bersih sungai ini dilaksanakan, Komandan Denma  Pangkalan Utama TNI AL (Dandenma Lantamal) V Surabaya Letkol Mar Prasetyo Pinandito terlebih dahulu memimpin apel. Apel ini bertujuan untuk mengecek jumlah personel yang terlibat dalam kegiatan ini serta membagi kelompok per kelompok didalam zona serta membagikan peralatan pembersihan.

Bersih-bersih sungai kali ini dibagi menjadi  dua zona. Zona satu mulai dari jembatan merah plasa sampai dengan jembatan Petekan dan zona dua mulai dari jembatan Petekan sampai dengan muara sungai kali mas ( kerang lebih 3200 meter).251116-prokasih-hut-armada-1Selesai pembagian peralatan dan zona maka ribuan personel TNI AL dengan penuh semangat membersihkan sungai  mulai dari jembatan merah plasa sampai dengan muara sungai kalimas. Ribuan personel ini  merupakan anggota dari Koarmatim , Kobangdikal,  AAL, Lantamal V, Pasmar-I,  STTAL dan UPT.  Selain personel, tampak juga dalam acara bersih-bersih sungai ini beberapa alat berat dan truk pengangkut sampah.

Fokus dalam pembersihan sungai ini dititik beratkan pada sisi utara jembatan Petekan karena  diareal tersebut banyak terdapat sampah atau rumput.

Pangarmatim menyampaikan bahwa bersih–bersih kalimas akan dilaksanakan secara estafet, “kalau hanya mengandalkan satu hari tidak akan bisa maksimal, didalam waktu yang dekat akan dikoordinasikan antara TNI AL dengan Pemda Surabaya agar kapal-kapal tradisional bisa melewati Kalimas, dalam hal ini yang diutamaka selain pembersihan juga pengerukan kalimas yang sudah dangkal”.251116-prokasih-hut-armada-3Setiap tiap tahun kami selalu rutin membuat acara bersih-bersih, bersih-bersih sungai maupun bersih-bersih pantai. Ini bukan satu hal yang baru bagi kami, tegasnya.

Selain dari itu, ia juga mengharapkan kepada seluruh warga Surabaya untuk mencintai sungai karena sungai merupakan sumber kehidupan. “Jangan membuang sampah disungai, Sungai itu sumber kehidupan”. “Mari kita buat sungai ini menjadi sesuatu yang menarik”, harapnya.

Ketua panitia Dansatfib Armatim Kolonel Laut (P) Erwin S mengatakan “bersih-bersih sungai ini dilaksanakan dalam rangkaian menyambut HUT Armada RI ke-71 tahun 2016, kami mengerahkan ribuan personel dalam acara ini. Titik berat dalam kegiatan ini yaitu sisi utara jembatan Petekan”, ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya (panitia,red) jauh-jauh hari sudah survey untuk kesuksesan dan kelancaran dari pelaksanaan acara tersebut. “Sebenarnya kami survey itu mulai dari Monkasel tapi panitia menetapkan bahwa kegiatan ini fokus di jembatan merah plasa sampai dengan muara, bukan tanpa alasan tapi karena kalau ditengah kota seperti yang kita lihat bersama untuk sungainya sudah relatif bersih. Sedangkan di wilayah utara (jembatan merah plasa-jembatan Petekan,red) kondisinya masih kotor.(dispenlantamal v|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia