Surabaya – Inspirasi selalu saja muncul pada perwira menengah dalam mengemban tugas negara sebagai Komandan Koramil di salah satu kesatuan TNI di Surabaya. Tepat pada hari kemerdekaan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang ke 73 17 Agustus 2018 Mayor Inf Supriyo Triwahono yang selalu dekat dengan anak-anak Pramuka menemukan ide nama baru untuk Saka Wira Kartika (SWK) yakni Gajah Mada.

Hal tersebut adalah salah satu pembenahan Koramil Sukomulyo (Sukolilo dan Mulyorejo) dengan mengadakan pengukuhan terhadap anggota Saka Wira Kartika Gajah Mada yang baru lahir pada 17 Agustus 2018 di hutan bambu Taman Harmoni Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo.

Komandan Koramil Sukomulyo Mayor Inf Supriyo Triwahono disela-sela kegiatan saat dikonfirmasi kenapa lahirnya SWK Gajah Mada pada 17 Agustus 2018 dijelaskan dengan gamblang bahwa pada tanggal dan hari yang tepat kita tahu pada saat inilah bangsa Indonesia mengumandangkan kemerdekaanya setelah selama 350 tahun dijajah .

Saka Wira Kartika baru berupa saka rintisan yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2007. Pembentukannya berdasarkan Peraturan Bersama Kepala Staf Angkatan Darat dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan.

Pengorganisasian Saka binaan TNI-AD ini, tidaklah jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya. (Dan04|mark|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia