PB|Banjarnegara –  “Catur Jaesu” Ini adalah salah satu cara TNI dalam mendekat ke warga sasaran TMMD Reguler 102 Banjarnegara, dengan bermain catur malam, sambil minum Jaesu (wedang jahe campur susu). Minggu (22/7/18).

Di warung Soimah (49), Widodo (22) wiraswasta Dusun Karanggondang Rt. 1 Rw. 5 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, Kopda Sunarto Satgas TMMD dari Kodim 0704 Banjarnegara melakukannya bersama pemuda desa tersebut.

Bukan untuk membuang waktu, melainkan agar tidak berpikir negatif karena jauh dari sang isteri dan anak dirumah. Sambil ngobrol bareng warga catur dimainkan, ngopi dan sambil ketawa.

‘’Dengan permainan ini, saya bisa melupakan sejenak rasa kangen keluarga dirumah. Tidak untuk mencari siapa yang menang, semua hanya untuk mendekatkan diri ke masyarakat setempat,” beber Sunarto.

Menurut dia, kerja fisik di siang hari cukup menguras tenaga seluruh orang, namun jika digunakan untuk bergaul dengan para pemuda, capek dan penat akan sirna dan tenaga seperti terisi kembali.

Kegiatan catur ini terbilang sarana ampuh melekatkan TNI ke warga masyarakat, mempererat hubungan emosional sebagaimana tujuan TMMD yakni menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun desa. Selain itu juga untuk acara jaga malam, karena sementara Posjaga masih dalam tahab perampungan, berupa plamuur dinding dan pengecatan.(pendim0704|red|noven)

Bagikan