PB|PURBALINGGA – “Kopral yang selalu haus ilmu,” Adalah Kopda Joko Pramono, Satgas TMMD Reguler 101 Kodim Purbalingga dari satuan Yonif 407 Phadma Kusuma Slawi Kabupaten Tegal, dirinya selalu haus akan ilmu pengetahuan, terutama hal-hal yang jarang dia temukan sebelumnya.

Diempatnya bertugas, di Tegal, tidak pernah ditemuinya tanaman yang bernama dilem atau nilam. Sehingga untuk curi ilmu baru, dirinya yang melihat Warji (50) warga Rt. 11 Rw. 04 Desa/Kecamatan Karangjambu, membuat niatnya mendapatkan informasi terkait dilem akan terwujud.

Dihampirinya Warji dan mengambil alih untuk menyunggi bongkoan nilam, sehingga di sepanjang jalan dirinya mendapatkan pengetahuan tentang cara budidaya, cara panen maupun pengolahan nilam menjadi minyak serta cara pemasaran minyak nilam tersebut.

Penyulingan minyak nilam ini sebenarnya sederhana sekali untuk dilakukan, namun untuk mendapatkan hasil yang minyak yang benar-benar berkualitas dengan harga ekononis yang tinggi membutuhkan cara yang lama.

Dari kegiatan curi ilmu sang kopral, bukan hanya desa yang terbangun melalui TMMD Reguler, melainkan juga wawasan prajurit tamtama tersebut juga terbangun. Ilmu baru tentang manfaat nilam yang didapatkannya dari Warji antara lain : sebagai obat beberapa penyakit seperti eksim, anti-jerawat, mengurangi inflamasi, membantu mengatasi kecemasan, pereda stress dan depresi, anti-septik atau obat luka luar, insomnia, meningkatkan gairah seksual, obat disentri, obat bisul, obat batuk maupun astma.

Sedangkan manfaat lain sebagai bahan baku home industri antara lain : sebagai bahan dasar minyak wangi dengan aroma terapi yang khas, penghilang bau badan, pengusir serangga pada pakaian dan kamar mandi, bahan dasar cosmetik maupun sabun serta sebagai salah satu penyedap dan bumbu untuk menambah cita rasa dan aroma pada masakan.

Itulah beberapa manfaat daun nilam dan minyak olahan nilam yang didapatkan Kopda Joko Pramono saat membantu langsir daun nilam milik Warji, warga sasaran TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga, Desa/Kecamatan Karangjambu Kabupatan Purbalingga.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia