KendariKegiatan olahraga prajurit Lanal Kendari dilaksanakan berbeda dari biasanya. Tidak hanya sekedar melaksanakan senam pagi ataupun lari. Kali ini Komandan Lanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia mengajak seluruh prajurit melakukan napak tilas ke tempat bersejarah peninggalan Jepang di pesisir Teluk Kendari, Jumat (26/06).

Kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh prajurit, karena mereka bisa melaksanakan olahraga yang lebih bervariasi seperti lari pagi, naik gunung, dan hanmars sekaligus mengenal lebih jauh sejarah wilayah Teluk Kendari yang memiliki banyak peninggalan sejarah dan merupakan wilayah strategis semenjak jaman dahulu

Tidak sekedar napak tilas, setibanya di lokasi tujuan seluruh prajurit juga melaksanakan pembersihan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian tempat bersejarah tersebut.

Adapun peninggalan-peninggalan yang ada di sekitar pesisir Teluk Kendari antara lain meriam pertahanan pantai dan pertahanan udara, bunker, pilboks, serta gua-gua buatan yang banyak ditemukan di sekitar Mako Lanal Kendari.

“Kedepan Lanal Kendari akan turut serta aktif dalam memelihara dan menjaga situs-situs bersejarah ini untuk kepentingan penelitian maupun pariwisata, ” ujar Andike.

Andike pun menambahkan, selaras dengan himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, kepada seluruh jajaran dibawah Koarmada II. Bahwa upaya pelestarian terhadap peninggalan sejarah ikut menjadi bagian tugas setiap pangkalan dijajaran Koarmada II. Sebab menurut Panglima, upaya tersebut dapat membantu meningkatkan daya tarik wisata setempat, yang berimbas terhadap kemajuan pembangunan di daerah.(Ndr/Pen2)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia