Surabaya – Banyak cara dilakukan masyarakat dalam menyambut Ramadhan. Selain tradisi Megengan atau syukuran dengan makan kue apem, tradisi lain seperti ziarah kubur atau dalam Bahasa Jawa disebut Nyekar juga masih menjadi tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Untuk memudahkan dan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang berziarah atau ‘nyekar’ pihak TNI AD dari Kodim 0831/Surabaya Timur menggelar karya bhakti dengan membersihkan makam. Kali ini yang menjadi sasaran adalah Makam Islam Keputih dengan menggandeng ratusan masyarakat di wilayah Kecamatan Sukolilo tersebut.

Pembersihan makam dilakukan, Minggu (5/5) pagi mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB. Komandan Kodim 0831/Surabaya Timur, Letkol Inf La Ode M Nurdin didampingi Danramil 0831/04 Sukolilo, Mayor Inf Supriyo Triwahono memimpin proses pembersihan makam umum milik warga Keputih tersebut.

“Pagi ini Kodim Surabaya Timur melaksanakan pembersihan makam dengan menerjunkan personel sebanyak satu peleton atau sekitar 35 prajurit. Tujuannya adalah TNI ingin menjadi bagian dari masyarakat sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama masyarakat dalan rangka menyambut bulan suci Ramadhan,” kata Letkol La Ode.

Ia menjelaskan, pembersihan makam dilakukan H-1 jelang Ramadhan karena tradisi masyarakat berziarah kubur banyak dilakukan. “Dengan pembersihan makam ini, kami ingin memudahkan masyarakat yang akan ziarah atau mencari makam keluarga,” ujarnya.

Bersama warga setempat, pembersihan dilakukan dengan memotong rumput, membersihkan daun dan memangkas ranting pohon. Selain itu, warga dibantu TNI juga merapikan areal makam seperti menata kembali batu nisan yang roboh.

Menurutnya, melalui karya bhakti itu juga menjadi bentuk komunikasi sosial Kodim Surabaya Timur bersama masyarakat. “Kami memang perintahkan pada seluruh jajaran Danramil agar lebih dekat dengan masyarakat,” tuturnya.

Salah satu tokoh masyarakat Keputih, Indi Nuroini mengatakan, pembersihan makam jelang Ramadhan juga menjadi tradisi di masyarakat Keputih. “Ini rutin kami gelar dan dilakulan dengan menggandeng pihak TNI dari Kodim Surabaya Timur,” jelasnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai dosen itu mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari Kodim Surabaya Timur. “Terima kasih Dandim dan Danramil Sukolilo yang sudah ikut membantu kerja bakti. Kami sangat senang dan bangga dapat bersinergi dengan TNI dalam menjaga wilayah Keputih tetap aman dan nyaman bagi warga,” pungkasnya.(pendim0831|sugeng)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia