PB|PURBALINGGA – Selain mengerjakan pekerjaan fisik berupa pembangunan jalan Makadam, talut dan gorong-gorong, rehab Rutilahu dan normalisasi sungai, personel Satgas TMMD selalu melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat, sebagai upaya pendekatan dan tukar informasi serta untuk mengetahui kesulitan/keluhan yang sedang dialami oleh masyarakat sasaran, Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu.

Personel Satgas TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702 Purbalingga, Serka Ratman, terus dekati warganya melalui silaturahmi guna mempererat hubungan emosional dua arah. Dikatakan Serka Ratman, Satgas TMMD “Sebelum digelar program TMMD Reguler, semangat gotong royong di sebagian warganya belakangan ini sudah semakin mengendor, warga disibukkan dengan kegiatan pertanian, perkebunan maupun peternakan masing-masing. Tidak berat kok memanfaatkan sela-sela waktu untuk terus menanamkan semangat gotong royong ke masyarakat, caranya, di sela-sela bekerja kita ngomong kepada warga untuk ikut gotong-royong, karena yang dibangun adalah desa mereka” ucapnya.

Pihaknya tidak mau terpaku dengan capaian target di proyek fisik saja, melainkan tetap menjalankan visi dan misi untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong di pedesaan melalui non fisik TMMD. Sosialisasi tentang perlunya menumbuhkan semangat goton-royong juga bisa dilakukan pada sore hari, malam hari maupun di waktu kumpul-kumpul dengan warga.

Sementara Kades Karangjambu, Warsito, S.Ag mengungkapkan, bahwa “Kami berharap, melalui moment TMMD, semangat gotong-royong di desa kami akan mulai tumbuh lagi dan terpelihara, walaupun nanti TMMD usai dan para TNI kembali ke kesatuan masing-masing” tandasnya.

Terlihat dari pantauan, Muntasir (75), Wilem (70), Sakinem (54) dan Marni (13), warga Rt. 10 Rw. 04 Desa/Kecamatan Karangjambu saling bercanda dengan Ratman, Satgas TMMD, terkait mengenang sejarah jalan sebelum dibangun Satgas TMMD. Muntasir (75), mengaku, dirinya dulu melamar Wilem dijalan tersebut, sontan membuat mereka meledak ketawanya.(Pendim 0702|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia