28 SEMARAK LOMBA KOLINTANG DI KOARMATIM  (2)PB | Surabaya – Di puncak acara perlombaan Kolintang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenatri ke-70 di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJA) Ny. Ina Darwanto membuka secara resmi perlombaan antar Korcab Jalasenastri Wilayah Timur yang bertemakan, “Dengan semangat kekeluargaan Jalasenastri bertekad ikut serta mewujudkan kesejahteraan dan kebersamaan untuk keluarga prajurit TNI Angkatan Laut.” Bertempat di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung Surabaya. Minggu, (28/8/2016).
          Lomba Kolintang yang diikuti oleh 9 tim, masing-masing terdiri dari 10 hingga 11 personel. Setiap tim membawakan dua lagu yang diantaranya yaitu lagu wajib dengan judul, “mari beramai-ramai ke laut”, dan satu lagu daerah dari masing-masing provinsi Korcab Daerah Jalasenastri Armatim berasal. Adapun juri perlombaan Kolintang merupakan juri-juri terkenal tingkat Daerah dan Nasional  yaitu Bpk. Doni Petta seorang praktisi musik, vokalis Geronimo Surabaya, dan pelatih kolintang. Sedangkan juri kedua adalah Bpk. Bambang salah satu tokoh yang concern dalam seni musik kolintang yang kesehariannya bekerja di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bagian Seni Budaya.28 SEMARAK LOMBA KOLINTANG DI KOARMATIM  (1)
          Ny. Ina Darwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa, maksud dan tujuan dari kegiatan lomba kolintang ini adalah sebagai wujud kepedulian kita dalam meningkatkan kreatifitas ibu-ibu Jalasenastri dalam bidang seni. Selain itu juga sebagai upaya ikut serta Jalasenastri dalam melestarikan kesenian asli dan budaya Daerah. KDJA berharap melalui lomba ini, ibu-ibu Jalasenastri dapat menyalurkan bakat, minat dan hobi dalam bidang seni musik khususnya kolintang serta sekaligus saling mempererat tali silaturahmi di jajaran Jalasenastri Korcab Armatim.
          Dari penampilan tiap-tiap Korcab Daerah Jalasenastri Armatim mampu memainkan alat musik kolintang dengan sangat baik, dilihat dari harmonisasi lagu dan penguasaan panggung mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton yang hadir bersama keluarga dan perwakilan pejabat Lantamal maupun Lanal jajaran Koarmatim. Selain itu, kostum yang digunakan masing-masing daerah menunjukkan persiapan yang mantap untuk ditampilkan dalam lomba yang disaksikan langsung oleh Panglima Komando Armada Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.
          Setelah seluruh peserta lomba kolintang menunjukkan penampilan terbaiknya, dewan juri mengumumkan hasil pemenang lomba, keluar sebagai Juara 1 pada Lomba tersebut adalah Tim Kolintang dari Korcab XI Daerah Jalasenastri Armatim, Lantamal XI Merauke, sedangkan Juara 2 diraih oleh Tim Kolintang dari Korcab VII, Lantamal VII Kupang, dan Juara 3 diraih oleh Tim Kolintang dari Korcab XIV, Lantamal XIV Sorong. Untuk juara Harapan 1 adalah Tim Kolintang dari Korcab X, Lantamal X Jayapura dan Juara Harapan 2 di raih oleh Tim Kolintang Korcab VIII, Lantamal VIII Manado. Sedangkan penampilan terbaik diraih oleh tim Kolintang Korcab VI, Lantamal VI Makassar, selain itu peraih juara terbaik individu diantaranya pemain melodi terbaik diraih oleh tim Kolintang Korcab V, Lantamal V Surabaya, pemain bass terbaik diraih Tim Kolintang Korcab IX, Lantamal IX Ambon, serta penampilan vocal terbaik diraih olehTim Kolintang Korcab XIII, Lantamal XIII Tarakan. Hadiah berupa trophy dan uang pembinaan diserahkan oleh Pangarmatim Laksda TNI Darwanto didampingi oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto kepada Komandan Lantamal atau perwakilan juara lomba yang dilanjutkan dengan foto bersama.
Hadir pada acara tersebut Kasarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., Danguspurlatim Laksma TNI I.N.G Ariawan, S.E., M.M.,  Danguskamlatim Laksma TNI I.N.G Sudihartawan, S.Pi., para  Komandan Lantamal Wilayah Timur, Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Satuan, para Komandan Lanal jajaran Koarmatim, serta Ibu-Ibu pengurus inti Jalasenastri Armatim dan peserta lomba kolintang Korcab Jalasenastri Wilayah Timur.(dispenarmatim/ivan/red)
Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia