PB|Trenggalek – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 109 Th. 2017, dilaksanakan Seminar Kebangsaan dgn tema “Membingkai Toleransi Umat Beragama cita cita Kebhinekaan dan Keutuhan NKRI”, bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Rabu, (17/5/17). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bakesbangpol Trenggalek yang dihadiri Forkopimda Trenggalek dan tamu undangan yang dipimpin  Agus Budianto SPd sebaga Moderator dengan narasumber Dandim 0806/Trenggalek yang diwakili Mayor Inf Misirin dan Kapolres Trenggalek yang diwakili Kompol Kuswara, Waka Polres Trenggalek.

Dalam sambutannya Emil Elistianto Dardak, Bupati Trenggalek menyampaikan bahwa Tema yang diusung dalam acara hari ini semoga memberikan kesejukan terhadap suasana yang sedang hangat saat ini. Bhinneka seharusnya menjadi semangat yang mengalir dalam darah kita demi keutuhan NKRI yang sangat bergantung pada toleransi dalam segala hal terutama dalam berkeyakinan dan hendaknya kita tidak ikut campur dalam masalah yang terjadi pada tingkat nasional karena situasinya sangat kompleks sekali dan rawan terjadi perbedaan pendapat/persepsi.

Agama yang diyakini seyogyanya sebagai unsur perekat dalam kehidupan bernegara yang majemuk untuk keutuhan NKRI. Sementara itu Mayor Inf Misirin dalam paparannya menyampaikan materi “Implementasi Nilai Nilai Pancasila Untuk Keutuhan NKRI” yang mejelaskan Kelebihan dari bangsa Indonesia adalah kemajemukan dan Semangat NKRI harus ditegakkan. “Kedepan tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia akan semakin berat dan hendaknya kita senantiasa berpegang teguh kepada kebersamaan untuk keutuhan NKRI.

Ada 4 Konsesus dasar bangsa Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dan Posisi Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Nasional, Pandangan Hidup Bangsa, NKRI bukan milik golongan tertentu, tetapi milik kita bersama”. Sedangkan Kompol Kuswara menyampaikan materi dengan tema  “Tantangan Kebhinekaan Dalam Era Demokrasi dan Globalisasi”. Acara seminar diakhiri dengan tanya jawab yang dipimpin Agus Budianto SPd sebagai Moderator.(dim06|red)

Bagikan
Informasi  Mobil Baru Indonesia Dealer Mobil Baru Indonesia